Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma'ninah Yasin Metro

Irma Ayuwanti(1*)

(1) Pendidikan Matematika, Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasar hasil Pra Survey yang dilaksanakan di SMK Tuma’ninah Yasin Metro diperoleh informasi bahwa siswa kurang aktif selama pembelajaran serta hasil belajar siswa masih relatif rendah. Sehingga dalam penelitian ini digunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X di SMK Tuma’ninah Yasin Metro semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah siswa kelas X adalah 11 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal tes dalam bentuk uraian untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Aktivitas belajar siswa diamati dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas X SMK Tuma’ninah Yasin Metro. 2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata dari 27,5% siklus I menjadi 54,54% pada siklus II dan menjadi 81,81% pada siklus III.

Keywords


Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Group Investigation;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdurrahman, Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Awofala, A. O. A., Fatade, A. O., and Ola-Oluwa, S. A.(2012). Achievement in Cooperative versus Individualistic Goal-Structured Junior Secondary School Mathematics Classrooms in Nigeria. International Journal of Mathematics Trends and Technology, Vol. 3 Tahun 2012. 7-12.

Fatimah, Dwi. (2010). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi tidak diterbitkan. Metro: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Metro.

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

(2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Maesaroh, S. (2005). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Group Investigation terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. http: //gurupkn.wordpress.com/ 2010/03/23/.

Ningsih, E. R. (2011). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi tidak diterbitkan. Metro: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Metro.

Riyanto, Yatim. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Group.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sharan, Y. and Sharan, S. (1989). Group Investigation Expand Cooperative Learning. Educational Leadership, Vol. 47 No. 4 Tahun 1989. 17-21.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tran, V. D. (2012). Effect of Cooperative Learning on Students at an Giang University in Vietnam. International Educational Studies, Vol. 5 No. 1 Tahun 2012. 86-99.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Zingaro, D. (2008). Group Investigation: Theory and Practice. Ontario Institute for Studies in Edocational. Toronto: Ontario.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter