Pengaruh Minat Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Keterampilan Berpidato
(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan siswa dalam berpidato, pengaruh minat membaca terhadap keterampilan siswa dalam berpidato, dan pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan siswa dalam berpidato. Dalam peneltian ini terdapat dua variabel bebas, yaitu minat membaca dan penguasaan kosakata dan satu variabel terikat yaitu keterampilan berpidato. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket, dan tes. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan minat membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama terhadap keterampilan berpidato, terdapat pengaruh yang signifikan minat membaca terhadap keterampilan berpidato, dan terdapat pengaruh yang signifikan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berpidato.
Keywords
Minat Membaca; Penguasaan Kosakata; Keterampilan Berpidato
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abu Ahmadi. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Depdiknas. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi 4. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Herman, Hudoyo. (1983). Interaksi Belajar Mengajar. Depdikbud.
Hutabarat. (1988). Cara Belajar. Jakarta: Gunung Mulya.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
The Liang Gie. (1987). Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)
SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis