Penerapan Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Perkembangan Teknologi Informasi Mobile di Madrasah Aliyah Manaratul Islam

Nur Ali(1*), Eddy Saputra(2), Rayung Wulan(3)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(3) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan Agama Islam di dalam lingkungan sekolah merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diikuti oleh seluruh siswa/i dengan tujuan pendidikan Agama Islam diberikan dengan mengikuti tuntutan bahwa Agama diajarkan pada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertaqwa kepada ALLAH SWT dan berakhlak mulia. Dunia remaja merupakan masa-masa yang sangat emas, masa tersebut sering disebut sebagai “Golden Age”. Remaja umumnya berada pada cluster atau kelompok di dunia pendidikan sekolah menengah tingkat atas, di masa-masa itulah remaja dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat menjadikan kebutuhan dunia teknologi yang serba instant. Remaja di suguhkan dengan fenomenal-fenomenal teknologi informasi yang serba instant atau yang umum disebut mobile, kapan dan di manapun tidak ada keterbatasan waktu dan tempat. Dengan diartikan di sekolahpun dengan ponsel remaja bisa menggunakan. Dunia pendidikan sudah kurang mampu membendung tingginya arus globalisasi teknologi informasi mobile, adanya pendidikan Agama pun dirasakan kurang mampu menekan masalah yang ada pada remaja.

Keywords


Pendidikan Agama Islam; TI Mobile; Remaja Madrasah Aliyah;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Diah, M. (2007). Suatu Tinjauan Motivasi pada Pendidikan Remaja. Jakarta: Gramedia.

Thornburgh. (2003). “Golden Age” Remaja dan Dunianya. PT. Indeks.

Hollingsworth P., Lewis G. (2008). Pembelajaran Aktif. PT. Indeks.

Honiatri, E. (2008). Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi SMK. rmico,Bandung.

Rosdianah Dewi. (2003). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Purwanto, N. (2004). Landasan Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2000). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.

Sudjana, N. (2001). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suhendar, T. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful, S.B. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Miles and Huberman. (2004), Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Cups publishing.

Jalahudin. (2008). Remaja dan Dunianya. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter