Pengaruh Frekuensi Pemberian Catatan Perbaikan pada Latihan Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematika

Ade Lukman Nulhakim(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian catatan perbaikan yang diberikan dengan frekuensi selalu, jarang, dan tidak diberikan terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa. Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan kelompok eksperimen 1 selalu diberi catatan perbaikan, kelompok eksperimen 2 jarang diberi catatan perbaikan, dan kelompok eksperimen 3 tidak diberi catatan perbaikan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Balaraja dengan populasi penelitian siswa SMP kelas VIII. Sedangkan banyak sampel sebanyak 3 kelas yang diambil dari 9 kelas VIII secara random sebanyak 136 siswa. Dari penelitian ditemukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa antara siswa yang selalu diberi catatan perbaikan dengan yang jarang diberi catatan perbaikan. thitung > ttabel (89,0,05), yaitu 4,227 > 1,990. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa antara siswa yang selalu diberi catatan perbaikan dengan yang tidak diberi catatan perbaikan. thitung > ttabel (89,0,05), yaitu 8,772 > 1,990. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa antara siswa yang jarang diberi catatan perbaikan dengan yang tidak diberi catatan perbaikan. thitung > ttabel (88,0,05), yaitu 4,30 > 1,990.

Keywords


Pemberian Catatan Perbaikan; Latihan Matematika; Pemahaman Matematika;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bahri Djamarah, S. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Rony. (2001). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Terbit Terang.

Hilaliyah, Tatu. (2004). Penilaian Hasil Belajar. Serang: Untirta.

Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Rosda karya.

Nasution. S. (1986). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Bandung: Jemars.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, Utari. (2003). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah FPMIPA UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.

TIM MKPBM. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Jica.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wilis Dahar, Ratna. (1996). Teori-teori Belajar. Bandung: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter