Pengaruh Metode Partisipatori terhadap Hasil Belajar Matematika

M. Ardiansyah(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan referensi untuk penelitan lanjutan dengan tema yang sama akan tetapi dengan metode, teknik analisa atau populasi dan sampel berbeda sehingga dapat dilakukan proses verifikasi demi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Eksperimen. Dengan jumlah sampel masing-masing kelompok sebanyak 20 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrument test yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal dan 5 alternatif jawaban. Uji persyaratan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan uji f (Fisher), dan hasilnya berdistribusi normal serta memenuhi uji homogenitas yakni data bersifat homogen sehingga analisa komparasi dapat dilanjutkan dengan statistik non parametric. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thit = 1,83 dan nilai ttab untuk ? = 0,05 dan dk=38 sebesar 1,68 yang berarti terdapat pengaruh metode partisipatori terhadap hasil belajar matematika.

Keywords


Metode Partisipatori; Hasil Belajar Matematika;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agung, Iskandar. (2012). Strategi Mengembangkan Organisasi Pembelajar di Sekolah. Jakarta: Bee Media Indonesia.

Ahmadi, dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi KTSP. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Alwi, H. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Darmiyati. (2007). Implementasi Asesmen Diagnostik dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SD Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 13, No. 67, 509-531. Departemen Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Manfaat, Budi. (2010). Membumikan Matematika dari Kampung ke Kampung. Jakarta: Buku kita.

Memes, Wayan. (2009). Model Pembelajaran Fisika di SMP. Jakarta: Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah.

Mutakin, T. Z dan Sumiati, T. (2011). Pengaruh Penggunaan Media Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 1(1). 70-81. Fakultas Teknik, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, UNINDRA PGRI.

Paneo, H. (2007). Pengaruh Umpan Balik Evaluasi Formatif dan Kepribadian Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 13, No. 67, 719-754. Departemen Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Pidarta, Made. (2005). Perencanaan Pendidikan Partisipatori dengan Pendekatan Sistem. Jakarta: Rineka Cipta.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar Cetakan ke Tujuh. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran Cetakan ke Sepuluh. Bandung: Alfabeta.

Sanusi, F.P.I. (2009). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Operasi Hitung Bilangan Bulat melalui Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung bagi Siswa Kelas 7A SMP Maria Mediatrix pada Semester Gasal Tahun 2008/2009. Bhakti Utama: Majalah/Jurnal Pendidikan. Vol. 2, No. 3, 102-107. Yayasan Bhakti Karya, Surabaya.

Sappaile, B.I. (2006). Pengaruh Metode Mengajar dan Ragam Tes terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Khusus. 1-23.Departemen Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Sholeh, Hamid. (2011). Metode Edutainment. Yogyakarta: Diva press.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sukmandari. (2010). Strategi Pembelajaran Snow Balling sebagai Upaya untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Tentang Barisan dan Deret Bagi Siswa Kelas 9 D SMP N 1 Mlonggo Semester 2 Tahun 2009/2010. Adi Cendikia: Jurnal Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Vol. 3, No. 3, 67-73. Yayasan Bina Insan Mandiri.

Surya, Muhammad. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Suyatno. (2004). Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter