Analisis Keefektifan Penggunaan Media Wall Chart (Bagan Dinding) dengan Pendekatan Fuzzy Service Quality dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa

Retna Ningsih(1*), Wanti Rahayu(2)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Beberapa media pembelajaran dapat digunakan untuk pembelajaran menulis, antara lain media wall chart , media gambar seri, media poster, media iklan, dan media brosur. Dalam penelitian ini, peneliti memilih menggunakan media wall chart untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Media wall chart merupakan salah satu media pandang nonproyeksi. Peranan pokok wall chart dalam pembelajaran adalah untuk melatih penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat. Melalui bimbingan dari guru, wall chart dapat berfungsi sebagai jembatan untuk membantu siswa dalam belajar menulis karangan argumentasi. Maka dari itu, peneliti memilih media wall chart sebagai media pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner siswa menggunakan media wall chart dan tanpa menggunakan media wall chart terhadap menulis karangan argumentasi yang saat ini diberikan oleh pihak sekolah. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan nilai gap antara menggunakan media wall chart dan tanpa menggunakan media wall chart yang cukup signifikan. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai gap kriteria menulis karangan argumentasi (Isi, Struktur Kalimat, Bahasa dan Ejaan dan tanda) yang tepat sebesar -3,2. Nilai gap dimensi kualitas keefektifan tertinggi adalah dimensi reliability sebesar -3,1. Sedangkan nilai gap antara menggunakan media wall dan tanpa menggunakan media wall adalah sebesar -3,361. Hal ini menunjukkan bahwa Media Wall Chart (bagan dinding) terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi dapat meningkatkan keefektifan belajar.

Keywords


Fuzzy Servqual; Media Wall Chart; Menulis; Karangan; Argumentasi;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arasli, H.; Mehtap-Smadi, S.; dan Katircioglu, S.T. (2005). Customer Service Quality in The Greek Cypriot Banking Industry. Managing Service Quality, Vol. 15, No. 1, 41–56.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Brysland, A.; dan Curry, A. (2001). Service Improvements in Public Services Using SERVQUAL. Managing Service Quality, Vol. 11, No. 6, 389–401.

Chan, L.K.; Kao, H.P; Ng, A.; dan Wu, M.L. (1999). Rating the Importance of Customer Needs in Quality Function Deployment by Fuzzy Entropy Methods. International Journal of production Research, Vol. 37, No. 11, 2499–2518.

Kim, Y.P.; Lee, S.H.; dan Yun, D.G. (2004). Integrating Current and Competitive Service-Quality Level Analyses for Service-Quality Improvement Programs. Managing Service Quality, Vol. 14, No. 4, 288–296.

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: BPFE.

Rahman, Z. 2004. Developing Customer Oriented Service: a Case Study. Managing Service Quality, Vol. 14, No. 5, 426–435.

Rose, R.C.; Uli, J.; And, M.A.; dan Ng, K.L. (2004). Hospital Service Quality: a Managerial Challenge. International Journal of Health Care Quality Management, Vol. 17, No. 3, 146–159.

Saadie, Ma’mur. (2007). Strategi Pambelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Unversitas terbuka.

Singarimbun, M.; dan Effendi, S.(eds.). (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Wisniewski, M. ( 2001). Using SERVQUAL to Assess Customer Satisfaction with Public Sector Ervices.

Soeparno. (1988). Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: PT. Intan Pariwara.

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter