Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Survei pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Jakarta Timur)

Rahma Kazmi(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besarkah pengaruh kedisiplinan siswa dan seberapa besar motivasi siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa SMK Swasta di Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di tiga SMK Swasta, yaitu SMK Islam PB Soedirman 1, SMK Islam PB Soedirman 2, dan SMK Islam Malahayati Jakarta. Secara bersama-sama, kedisiplinan siswa dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil pengujian signifikansi yang ditunjukkan oleh nilai Sig = 0.000 dan Fhitung = 22,841, sedangkan Ftabel = 3,06 sehingga nilai Sig < 0,05 dan Fhitung > Ftabel. Hasil perhitungan diperoleh koefisien korelasi ganda adalah 0,487. Kedisiplinan siswa dan motivasi belajar secara bersama-sama memiliki koefisien determinasi sebesar 23,7% terhadap variasi prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui persamaan regresi ganda ? = 45,536 + 0,063X1 + 0,316X2 yang signifikan. Kedisiplinan siswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil pengujian signifikansi diperoleh thitung > ttabel yaitu 1,987 > 1,65 , nilai sig = 0,049 yang berarti < 0,05. Motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil pengujian signifikansi diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,814 > 1,65 , nilai sig = 0,00 yang berarti < 0,05.

Keywords


Kedisiplinan Siswa; Motivasi Belajar; Bahasa Indonesia;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abror, Abd. Rahman. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Arikunto, Suharsimi. (1990). Manajemen Pengajaran secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

_________________. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Pelita Masa.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Jonathan, Sarwono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kadir. (1994). Penuntun Belajar PPKN. Bandung: Pen Ganeca Exact.

Mantra, I.B. dan Kasto. (1995). Penentuan Sampel. InM. Singarimbun dan S. Effendi. Metode Penelitian Survei (Edisi revisi). Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Purwanto, M. Ngalim. (1995). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

__________________. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rochman, Chairul dan Edi Warsidi. (2011). Membangun Disiplin dalam Mendidik. Bandung: Putra Setia.

Sabri, M. Alisuf. (1997). Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Silberman, Melvin L. (2007). Active Learnin: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Singarimbun, Marsi dan Sofian Effendi. (2006). Metode Penelitian Survey. Jakarta: PT Pustaka LP3ES Indonesia.

Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suryabrata, Sumadi. (2001). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

________________. (1999). Psikologi Belajar. Jakarta: Logos.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Usman, M. Uzer. (1994). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter