Penerapan Media Komik pada Pembelajaran BIPA (Studi Kasus pada Peserta Korea Tingkat Pemula di Universitas Trisakti Jakarta)

Randi Ramliyana(1*)

(1) Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan media komik pada pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di Pusat Bahasa Universitas Trisakti Jakarta. Salah satu masalah terbesar yang dihadapi dalam pembelajaran BIPA ialah motivasi belajar peserta. Ada banyak alasan peserta kurang termotivasi dalam belajar BIPA, salah satunya ialah suasana kelas yang membosankan. Satu hal yang kita ketahui untuk membangkitkan motivasi belajar peserta ialah dengan memberikan suatu hal yang luar biasa dan baru di dalam pembelajaran BIPA, terutama di antara peserta usia remaja dan dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa komik dapat digunakan secara efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Media komik mampu menyampaikan mata kuliah menyimak, berbicara, membaca, dan tata bahasa dalam pembelajaran BIPA. Hal tersebut memberikan atmosfer yang menyenangkan di dalam kelas. Komik tidak hanya menghibur dan menarik peserta, tetapi juga ada banyak alasan menggunakannya di dalam pembelajaran BIPA.

Keywords


Komik; Media; BIPA;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badan Bahasa. (2012). Pengenalan Program BIPA. http://www.badanbahasa.kemendikbud.go.id.

Brown, H. D. (1994). Teaching by Principles: an Interactive Approach to Language Pedagogy. Upper Saddle River. NJ: Prentice Hall Regents.

Darmadi, H. (2009). Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Eisner, W. (2002). Comics and Sequential Art. Florida: Poorhouse Press.

Hurlock, E. B. (2000). Child Development. Jakarta: Erlangga.

Masdiono, T. (2001). 14 Jurus Membuat Komik. Jakarta: Creativ Media.

McCloud, S. (2001). Understanding Comic. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

--------------------. (2008). Membuat Komik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Oller, J. W. (1983). Story Writing Principles and ESL teaching. TESOL Quarterly, Vol. 17, No. 1, 39-53.

Poerwadarminta, W.J.S. (1982). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.

Sudjana, N. dan R. Ahmad. (2001). Media Pengajaran. Bandung : CV Sinar Baru Bandung.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i1.1006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAP (Susunan Artikel Pendidikan)

 

SAP (Susunan Artikel Pendidikan) indexed by:




Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.


View My Statis


Flag Counter