PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE “ZOOM” PADA KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Rendika Vhalery(1), Albertus Maria Setyastanto(2), Sindi Nur Alfilail(3*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Dunia saat ini sedang dilanda pandemi Covid-19 atau dikenal dengan coronavirus 2019. Untuk meminimalisir dampak ini, pemerintah menerapkan beberapa kebijakan dan menghimbau masyarakat untuk menerapkan sosial distancing, melakukan lockdown, bekerja dari rumah (Work Frome Home), dan belajar melalui daring atau online. Pembelajaran berbasis online menggunakan aplikasi/software “zoom” diharapkan dapat menjadi alternatif model pembelajaran berbasis online. Pembelajaran berbasis online “zoom” dapat menjadi pendukung kesiapan belajar mahasiswa. Dikarenakan kesiapan belajar mahasiswa selama pandemi covid-19 mengalami penurunan. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis online “zoom” terhadap kesiapan belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Dengan hipotesis adanya pengaruh pembelajaran berbasis online “zoom” terhadap kesiapan belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Populasi penelitian adalah mahasiswa Unindra. Sampel sebayak 209 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran berbasis online. Penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima. Artinya, terdapat pengaruh pembelajaran berbasis online “zoom” terhadap kesiapan belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19.


Keywords


Pembelajaran; Online; Zoom; Kesiapan Belajar; Covid-19

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Amelia, R.W. (2020). Amalan Yang Tetap Mengalir, Menjadi Karyawan Dan Dosen Saat Pandemi Covid-19. Banten: DESANTA MULIAVISITAMA

Ausrianti, R., Andayani, R. P., Surya, D. O., & Suryani, U. (2020). Edukasi pencegahan penularan Covid 19 serta dukungan kesehatan jiwa dan psikososial pada pengemudi ojek online. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(2), 59-64.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran online. Jakarta, Universitas Terbuka.

Brahma, I. A. (2020). Penggunaan zoom sebagai pembelajaran berbasis online dalam mata kuliah sosiologi dan antropologi pada mahasiswa PPKN di STKIP Kusumanegara Jakarta. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 97-102.

Clark dan Mayer. (2003). E-learning and the Science of Instruction. USA: Piffer.

Could Host. (2020, March 31). Retrieved from https://idcloudhost.com/mengenal-aplikasi-zoom-cara-install-dan-fitur-fitur-zoom-meeting-lengkap/

Denissa Alfiani, dkk. 2016. Pembelajaran Berbasis Video Untuk Anak Generasi Z.Prosiding Inovasi Pendidikan di Era Big Data dan Aspek Psikologinya .ISSN: 2548-5407. PascaSarjana Universitas Negeri Malang. hal 85-92

Dunwill, E. (2016). Elearning best practices. 6 teaching principles transferred to online.

Fatchurrohman, R. (2011). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar, pelaksanaan prakerin dan pencapaian kompetensi mata pelajaran produktif. Innovation of Vocational Technology Education, 7(2).

Hair, Jr, J. F. (2015). Essentials of Business Research Methods. In Essentials of Business Research Methods. https://doi.org/10.4324/9781315704562

Halodoc. 2020. Jakarta : media online

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Hidayatullah, S., Khouroh, U., Windhyastiti, I., Patalo, R. G., & Waris, A. (2020). Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(1), 44-52.

Hrastinski, S. (2008). Asynchronous & synchronous e-learning. Educause Quartely, 31 (4), pp. 51-55.

Hyder, B. K., Kwinn, A., Miazga, R., Murray, M., & Brandon, B. (2007). The elearning Guild’s Handbook on Synchronous e-Learning. The Elearning Guilduild. https://doi.org/10.1093/bioinformatics/bth173

Indrawan, A. F. (2021). Selama Pandemi Pendapatan Zoom Naik Empat Kali Lipat. VOI. Diakses dari: https://voi.id/olahraga/21630/selama-pandemi-pendapatan-zoom-naik-empat-kali-lipat. Diakses pada 25 Februari 2021, Pukul 20:00 WIB.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665-675

Lai, C. C., Shih, T. P., Ko, W. C., Tang, H. J., & Hsueh, P. R. (2020). Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) and coronavirus disease-2019 (COVID-19): The epidemic and the challenges. International journal of antimicrobial agents, 55(3), 105924.

Mahnun, N. (2018). Implementasi pembelajaran online dan optimalisasi pengelolaan pembelajaran berbasis online di Perguruan Tinggi Islam dalam mewujudkan World Class University. IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 1(1), 29-36.

Mahnun, N. (2019). Optimalisasi Pengelolaan dan Pembelajaran Berbasis Online Pada Lembaga Pendidikan Islam dalam Mewujudkan World Class University. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management, 1(1), 29-36.

Mahnun, N. (2019). Optimalisasi Pengelolaan dan Pembelajaran berbasis Online pada Lembaga Pendidikan Islam dalam mewujudkan World Class University. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 1(1), 29-36.

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1).

Purwanti (2020). DOSEN, MAHASISWA DAN WORK FROM HOME DI MASA PANDEMI COVID – 19. Banten: DESANTA MULIAVISITAMA

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rinekacipta.

Tsabitah, D., & Wahyudin, A. (2016). Peran Kesiapan Belajar dalam Memediasi Pengaruh Kesiapan Belajar dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ilmu-Ilmu Sosial di SMA Negeri 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(4), 298-305.

Widyaningtyas, A. (2012). Peran lingkungan belajar dan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pati.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).