Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh

Fadjriah Hapsari(1*), Laila Desnaranti(2), Siti Wahyuni(3)

(1) Program studi pendidikan ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(2) Program studi pendidikan ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(3) Program studi pendidikan ekonomi Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Peran Guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sangat besar, karena setiap pembelajaran yang terjadi di kelas merupakan hasil dari peran guru. Pada keadaan tatap muka normal mungkin ini adalah hal yang biasa dan tidak terlalu memusingkan, akan tetapi berbeda jika keadaan menjadi tidak normal seperti saat dikarenakan dampak dari pandemi covid 19. Guru sebagai aktor utama dalam kegiatan pembelajaran pun dituntut untuk aktif dan kreatif dalam menciptakan suatu model pembelajaran baru dengan kegiatan pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah peran guru dalam memotivasi siswa selama kegiatan pembelajaran jarak jauh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik analisis data berupa observasi, wawancara, dan juga kuesioner. Hasil yang tim peroleh dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah dan guru diperoleh hasil bahwa guru sudah cukup menyadari bahwa peranan guru sangat dibutuhkan siswa agar pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung dengan baik. Dari hasil angket tentang peranan guru dalam memotivasi siswa selama pembelajaran jarak jauh dapat diketahui bahwa guru sudah menyadari dan menjalankan peran tersebut dengan cukup baik. Untuk hasil angket motivasi belajar siswa setelah guru menjalankan perananya sebagai motivator menunjukan bahwa guru sudah baik dalam menjalankan peranya sebagai motivator, sedangkan untuk hasil angket pemilihan strategi dan model pembelajaran selama pembelajaran jarak jauh juga cukup baik.


Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).