EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PLATFORM GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Shindy Lestari(1*), Aninditya Sri Nugraheni(2)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Aplikasi platform Google Classroom sebagai salah satu bentuk aplikasi Learning Management System yang populer sebagai alat untuk mengembangkan pengajaran dan pembelajaran di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan platform Google Classroom  sebagai aplikasi pendukung selama pembelajaran daring pada mata kuliah perkembangan peserta didik dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara untuk memperoleh informasi langsung dari responden dan kuisioner dengan jumlah 14 butir pernyataan untuk mengukur sikap, motivasi dan efektivitas menggunakan platform Google Classroom. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan random sampling dengan jumlah sampel 40 orang mahasiswa program studi pendidikan matematika. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian diperoleh persentase pada indikator: 1) peran dosen menggunakan platform Google Classroom sebesar 85,21% dengan kategori sangat tinggi, 2) indikator kemudahan mengakses platform Google Classroom sebesar 87,5% dengan kategori sangat tinggi, 3) indikator keefektifan penggunaan platform Google Classroom sebesar 81,25% dengan kategori sangat tinggi sedangkan 4) indikator motivasi belajar mahasiswa menggunakan platform Google Classroom sebesar 78,76% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengunaan platform Google Classroom dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa selama pembelajaran daring


Keywords


Efektivitas; Google Classroom; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, A., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Reseacrh and Development Journal Of Education, 1(1): 131-146.

Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students Acceptance of Google Classroom: An Exploratory Study Using PLS-SEM Approach. IJET: International Journal of Emerging Teachnologies in Learning, 13(6), 112–123.

Ali, L. U & Zaini, M. (2020). Pemanfaatan Program Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Dasar-Dasar Kependidikan. Jurnal Jurusan Tadris IPS 11(1): 27–34.

Daniati, B. I., & Luhsasi, D. I. 2020. Upaya Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran 6(3): 601–608.

Fuadi, T. M., Musriandi, R., & Suryani, L. (2020). Covid-19 : Penerapan Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi.” Jurnal Dedikasi Pendidikan 4(2): 193–200.

Gunawan & Sunarman. (2018). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 340–348.

Hanifah, W., & Putri, K.Y.S. (2020). Efektivitas Komunikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Ilmu Komunikai Universitas Negeri Jakarta Angkatan 2018. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 24–35.

Mawardi. (2019). Rambu-Rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert Untuk Mengukur Sikap Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 292-304.

Okmawati, M. (2020). The Use Of Google Classroom During Pandemic. Journal of English Language Teaching, 9(2), 438–443.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PERMENDIKBUD 3 TAHUN 2020 FIX GAB.pdf

Prasetyono, R. N. (2020). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Berbasis Mobile Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan Informatika. Indonesian Journal of Informatics and Reaseacrh, 1(1), 29–35.

Putra, I. P. S. A., & Wardika, I. W. G. (2021). The Use of Google Classroom Application to Improve Students’ Motivation towards Learning Matematics. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains 10(1): 111–120.

Rahmanto, M. A., & Bunyamin. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Daring Melalui Google Classroom. Jurnal Pendidikan Islam 11(2): 119–135.

Ridwan, U., & Umam, A. F. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(1): 37-46.

Rista, Nadia. (2021). Pengaruh MediaE-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap IPK Akademik Mahasiswa STKIP Panca Sakti. Research and Development Journal Of Education, 7(1): 126-135.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Suryani, A., Soedarso., Prasetyowati, N., & Trisyanti, U. (2021). The Multi-Dimensions Of Teachers' ICT Learning. Research and Development Journal Of Education, 7(1): 11-28.

Vhalery, R., Alfilail, S. N., Robbani, H., & Hia, L. N. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Pembelajaran Online Google Classroom pada Minat dan Motivasi Belajar. Intelektium, 2(1), 28-36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).