PENGARUH PERSEPSI PESERTA DIDIK ATAS KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 12 BEKASI

Neni Nur Aini(1), Rosalina Dewi Heryani(2*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi peserta didik atas kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar di SMKN 12 Bekasi. Menggunakan metode kuantitatif, jumlah responden sebanyak 63 peserta didik dengan teknik random sampling. Pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,401 menunjukkan ada hubungan yang sedang antara persepsi peserta didik atas kompetensi sosial guru dengan hasil belajar. Koefisien determinasi sebesar 16,08% yang artinya persepsi peserta didik atas kompetensi sosial guru menyumbangkan kontribusi sebesar 16,08% sedangkan sisanya 83,92% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 3,418 > 1,670 yang berarti terdapat pengaruh persepsi peserta didik atas kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar di SMKN 12 Bekasi. Temuan ini memberikan keyakinan bahwa persepsi peserta didik memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar. Peserta didik mampu mengoptimalkan seluruh kemampuannya dan mereduksi hal-hal negatif yang menimpanya, serta mengubahnya menjadi energi positif yang akan membangkitkan semangat belajar peserta didik.


Keywords


Kompetensi Sosial; Guru; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aunurrahman. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. (2015). Pengembangan Karir Profesi Guru. Yogyakarta: Gaya Media.

Dimyati, Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Karlina, Elin dan Iswadi. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa Atas Fasilitas dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa SMAN 21 Bekasi. Jurnal Research and Development Journal of Education, 4(2), 98-110.

Marhento, Giri. (2011). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Mengajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA (Studi Pada SMP Se-Kecamatan Priuk Kota Tangerang Banten). Jurnal Formatif, 1(3), 223-235.

Jihad, dkk. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Lestari, dkk. (2013). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Unindra Press.

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Payong, Marcel dkk. (2011). Sertifikasi Profesi Guru. Jakarta: PT. Indeks.

Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syaidah, Umu dkk. (2018). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri Rambipuji Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(12), 185-191.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).