PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR EKONOMI

Robiatul Adawiyah(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Model pembelajaran menjadi komponen penting yang menentukan keberhasilan belajar. Salah satu yang umum digunakan adalah model pembelajaran konvensional, serta model pembelajaran kooperatif yang menjadi pilihan lain bagi guru dalam tujuannya meningkatkan keterampilan sosial dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap keterampilan sosial, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar, serta untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar secara multivariat. Metode penelitian yang digunakan eksperimen, dengan jumlah sampel 32 peserta didik kelas eksperimen dan 32 kelas kontrol. Analisis data menggunakan multivariat analisis varian MANOVA. Dari hasil analisis didapat bahwa 1) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar ekonomi secara multivariat siswa SMA Swasta di Kota Depok dibuktikan dengan nilai Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace,dan Roy’s Largest Root sig sebesar 0,000 ( < 0,05) dan Fh = 12,887. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan sosial siswa SMA Swasta di Kota Depok dibuktikan dengan nilai sig 0,001 ( < 0,05) dan Fh = 12,222. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMA Swasta di Kota Depok dibuktikan dengan nilai sig 0,004 ( < 0,05) dan Fh = 8,710.

Keywords


Model Pembelajaran; Take and Give; Keterampilan Sosial; Hasil Belajar; Ekonomi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abidin, Zainal & Fitriya L.H. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Siswa MA Al-Muddatsiriyah Kemayoran Jakarta Pusat. Research and Development Journal of Education, 5(1), 11-24.

Agusniatih, Andi & Monepa, J.M. (2019). Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tasikmalaya : Edu Publisher.

Arifin, Zainal. (2011). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ekawati, Hanifah. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan Pembelajaran Konvensional pada Kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda, 1(1), 54-64.

Gayatri, Askardiya Mirza dan Septiana I.N. (2017). Peningkatan Minat Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Pelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Research and Development Journal of Education, 4(1), 88-100.

Herawati, Mirna. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Think Pair and Share dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN Sawah 2 Ciputat. Research and Development Journal of Education, 3(2), 105-116.

Hidayat, Syarif. (2013). Teori dan Prinsip Pendidikan. Tangerang : Pusraka Mandiri.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ibrahim. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) dengan Cooperatif (Make-A Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 3(2), 199-211.

Leksono, A. W., Vhalery, R., & Maranatha, S. (2018). Cooperative Learning Model: The Power of Two Vs Tea Party. International Journal of Research & Review (Www. Ijrrjournal. Com), 5(12), 80-88.

Lisdiana, Anita. (2019). Memantik Keterampilan Sosial Siswa Melalui Model Pembelajaran Two Stay-Two Stray (TS-TS). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 162-182.

Mutakin, T.Z. & Cleopatra, M. (2015). Suplemen Aplikasi Komputer dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Patonah, Rita. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Take and Give dan Tipe Treffinger Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(2), 115-126.

Priansa, Donni J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung : Pustaka Setia.

Putri, N.P.I.A., Pujani, N.M., & Devi, N.L.P.L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2), 92-103.

Rahayunngtyas, Dian Ikawati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD. Jurnal PANCAR, 2(1), 32-41.

Saripah, I., & Mulyani, L. (2015). Profil Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Prasekolah (TK dan Non TK). Mimbar Sekolah Dasar ejournal Universitas Pendidikan Indonesia, 2(2), 152-166.

Septiana, Arin & Ningrum. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Take and Give Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Metro. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 76-83.

Septina, Ria Karina Dwi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas 2 SDN Demangan Yogyakarta. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan, 7(3), 311-323.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suparman, I.A. (2014). Aplikasi Komputer dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Tangerang : Pustaka Mandiri.

Sutrisno & Wulandari, D. (2018). Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. Jurnal Aksioma Universitas PGRI Semarang, 9(1), 37-53.

Vhalery, R. (2019). Pengaruh Komitmen Belajar dan Lingkungan Kampus Terhadap Hasil Belajar Matematika Ekonomi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 48(1), 18-22.

Vhalery, R., & Martiah, A. (2018). Cooperative Learning in the Learning Activity of Students. International Journal of Scientific and Research Publications, 8(9), 62.

Vhalery, R., Sari, A. I. C., & Yusup, A. A. M. (2020). PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CI DAN CLS. Research and Development Journal of Education, 1(1), 60-71.

Yusuf, M., Tarjiah, I., & Satibi, O. (2018). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tunas Bangsa Universitas Negeri Jakarta, 5(2), 124-132.

Zulyadaini. (2016). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Coop-coop dengan Konvensional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 16(1), 153-158.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).