STRES KERJA GURU SAAT PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA

Tri Anita(1*), Sumaryati Tjitrosumarto(2), J. Sabas Setyohadi(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini menimbulkan kecemasan, kekhawatiran dan kepanikan kepada seluruh masyarakat termasuk para guru. Guru Sekolah Menengah Kejuruan yang harus mengajar lebih banyak praktek dibandingkan materi terkendala untuk melakukan praktek karena pandemic Covid-19. Tujuan penelitian untuk mengetahui stress kerja guru SMK yang ditinjau dari kompensasi dan lingkungan kerja. Penelitian dilakukan pada 4 SMKN di Jakarta Timur dengan jumlah sampel 115 orang guru. Metode penelitian adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap stress kerja; kompensasi berpengaruh terhadap stress kerja; terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap stress kerja. Kontribusi parsial kompensasi terhadap stress kerja sebesar 28,6% dan kontribusi lingkungan kerja terhadap stress kerja sebesar 19,7%. Total kontribusi kompensasi dan lingkungan kerja terhadap stress kerja sebesar 38%. Implikasinya bagi pihak manajemen sekolah harus tetap memberikan kompensasi yang layak bagi para guru dan menciptakan lingkungan kerja mulai mengadopsi teknologi untuk mengurangi stress kerja guru saat Pandemi Covid-19.


Keywords


Covid-19; Stres Kerja; Kompensasi; Lingkungan Kerja; SMK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Alif, A. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja, Pengembangan Karir Dan Lingkungan Kerja Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Terminal Lpg. Jurnal MIX, VI(2), 291–309.

Alini. (2015). Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada Hotel Kartika Chandra Jakarta ). E-Proceeding of Management Vol.2 No.1 April 2015, 671, 2(1), 671–685.

Anderson, L., Mason, K., Hibbert, P., & Rivers, C. (2017). Management education in turbulent times. Journal of Management Education, 41(2), 303–306. https://doi.org/10.1177/1052562916682208

Anderson, N., Ones, D. S., Sinangil, H. K., & Viswesvaran, C. (2012). Handbook of Industrial, Work & Organizational Psychology (Vol. 2). https://doi.org/10.4135/9781848608368.n11

Ansley, B. M., Houchins, D. E., Varjas, K., Roach, A., Patterson, D., & Hendrick, R. (2021). The impact of an online stress intervention on burnout and teacher efficacy. Teaching and Teacher Education, 98, 103251. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103251

Cappe, E., Poirier, N., Engelberg, A., & Boujut, E. (2021). Comparison of teachers in France and in Quebec working with autistic students: Self-efficacy, stress, social support, coping, and burnout. Teaching and Teacher Education, 98, 103244. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103244

Chaturvedi, K., Kumar Vishwakarma, D., & Nidhi. (2020). COVID-19 and its impact on education, social life and mental health of students: A Survey. Children and Youth Services Review, 121(July 2020), 105866. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105866

Daft, R. L. (2008). Management (Eighth). Mason: Thomson South-Western.

Dhermawa, A. A. N. B., Sudibya, I. G. A., & Utama, I. W. M. (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai Di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, Dan Kewirausahaan, 6(2), 173–184.

Febriana, S. K. T. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Kerja. Jurnal Ecopsy, 1(1), 28–32. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=137291&val=5064

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., James H. Donnelly, J., & Konopaske, R. (2012). Organizations Behavior, Structure, Processes.

Handaru, A. W., Utomo, T., & Sudiarditha, I. K. R. (2013). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan DI RS “X.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 4(1), 116–135.

Hussain, A., & Chaman, S. (2016). Combined Effect of Personality Traits and Collectivistic Culture on Employee’S Job Stress in Banking Sector. International Journal of Arts & Sciences, 9(3), 311–324. Retrieved from http://search.proquest.com.ezproxy.saintleo.edu/docview/1858849712?accountid=4870

Irawati, A. (2018). Pengaruh Stres Kerja, Motivasi Kerja, Kompensasi terhadap Kinerja Karyawan Dengan Lama Kerja Sebagai Variabel Moderating. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi, 11(1), 117–134. https://doi.org/10.15408/akt.v11i1.8789

John R. Schermerhorn, J., Hunt, J. G., Osborn, R. N., & Uhl-Bien, M. (2010). Organizational Behavior. Denvers: John Wiley & Sons, Inc.

Luthans, F. (2011). Organizational Behavior An Evidence-Based Approach. In McGraw-Hill/Irwin (12th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Macintyre, P. D., Ross, J., Talbot, K., Mercer, S., Gregersen, T., &

Ann, C. (2019). Stressors, personality and wellbeing among language teachers. System, 82, 26–38. https://doi.org/10.1016/j.system.2019.02.013

Musliha Fitri, A. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stres Kerja pada Karyawan Bank (Studi pada Karyawan Bank Bmt). Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(1), 1–10.

Nasution, M. I. (2017). Pengaruh Stres Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Organisasi Terhadap Turnover Intention Medical Representative. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, VII(3), 407–428.

Niu, J., Zhang, S., Liu, S., Ma, H., Chen, J., Shen, Q., … Zhao, X. (2018). The compensation effects of physiology and yield in cotton after drought stress. Journal of Plant Physiology, 224–225(November 2017), 30–48. https://doi.org/10.1016/j.jplph.2018.03.001

Nur, S. (2013). Konflik, stres kerja dan kepuasan kerja pengaruhnya terhadap kinerja pegawai pada Universitas Khairun Ternate. Jurnal EMBA, 1(3), 739–749.

Nurfarhana, A., Abdillah, A., & Prasetyono, H. (2017). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Disiplin Kerja Guru SMKN 1 Depok Dan SMKS Yapan Indonesia. Jurnal Research and Development Journal Of Education, 44(22), 3–22.

Nurhayati, D., Minarsih, M. M., & Wulan, H. S. (2016). Pengaruh Kepuasan Kerja, Lingkungan Kerja Dan Loyalitas Kerja Tehadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) ( Studi Kasus Pada PT. Perwirabhakti Sentrasejahtera Di Kota Semarang). Journal of Management, 2(2), 1–24.

Paramita, W., Putra, T. E., & Handaru, A. W. (2016). The Influence of Job Stress and Job Statisfaction on Employee’S Organizational Commitment At CV. Dipo Production. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 7(2), 303–324. https://doi.org/10.21009/jrmsi.007.2.06

Powell, M. B., Guadagno, B. L., & Cassematis, P. (2013). Workplace stressors for investigative interviewers of child-abuse victims. Policing, 36(3), 512–525. https://doi.org/10.1108/PIJPSM-05-2012-0039

Prasetyono, H., Abdillah, A., Widiarto, T., & Sriyono, H. (2018). Character-based Economic Learning Implementation and Teacher’s Reinforcement on Student’s Affective Competence in Minimizing Hoax. Cakrawala Pendidikan, 37(3), 426–435.

Prasetyono, Hendro, Abdillah, A., & Fitria, D. (2018). Academic Supervision toward Teacher ’ s Performance through Motivation as Intervening Variable. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 188–197. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.7324

Putra, I. K. A. P., & Subudi, M. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan PT BPR Pedungan. E-Jurnal Manajemen Unud, 4(10), 3146–3171.

Putranto, C. (2013). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Stres Kerja : Studi Indigenous Pada Guru Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology, 2(2), 28–33.

Ratten, V., & Jones, P. (2020). Covid-19 and entrepreneurship education: Implications for advancing research and practice. International Journal of Management Education, (xxxx), 100432. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2020.100432

Sari, E. (2009). Pengaruh Kompensasi dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja. Jurnal ILmu Aministrasi Dan Organisasi, 16(1), 18–24.

Singh, R., & Nayak, J. K. (2015). Mediating role of stress between work-family conflict and job satisfaction among the police officials: Moderating role of social support. Policing: An International Journal of Police Strategies & Management, 38(4), 738–753. https://doi.org/10.1108/PIJPSM-03-2015-0040

Sudiardhita, I. K. R., Baqi, F. H., & Handaru, A. W. (2016). The Influence Of Job Stress And Compensation To Job Satisfaction At PT Tri Megah Makmur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 7(2), 219–240.

Sunarsi, D. (2018). Pengaruh Kompensasi, Komunikasi Dan Stress Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT Catur Putra Jaya Kota Depok - Jawa Barat. JiIMF(Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma), 1(2), 113–127. https://doi.org/10.32493/frkm.v1i2.2543

Susilo, T. (2013). Analisis Pengaruh Faktor Lingkungan Fisik Dan Non Fisik Terhadap Stress Kerja Pada PT. Indo Bali Di Kecamatan Negara Kabupaten Jimbaran Bali. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Vertanen-Greis, H., Loyttyniemi, E., Uitti, J., & Putus, T. (2020). Work ability of teachers associated with voice disorders, stress, and the indoor environment: A questionnaire study in Finland. Journal of Voice. https://doi.org/10.1016/j.jvoice.2020.09.022

Widodo, T. (2010). Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Terhadap Kinerja (Studi pada Pegawai Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga). Jurnal Among Makarti, 3(5), 14–35.

Wisantyo, & Madiistriyatno. (2015). Pengaruh Stres Kerja, Disiplin Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Intensi Turnover. Jurnal MIX, V(1), 54–69.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).