Hubungan Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris Menggunakan English Subtitle Dan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Megawati Megawati(1*), Eka Rista Harimurti(2), Neng Nurwiatin(3), Nurhasanah Nurhasanah(4)

(1) STKIP Kusuma Negara
(2) STKIP Kusumanegara
(3) STKIP Kusumanegara
(4) STKIP Kusumanegara
(*) Corresponding Author

Abstract


Kebiasaan menonton film berbahasa inggris menggunakan English Subtitle dapat mendorong mahasiswa memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris yang baik karena dalam berbicara dibutuhkan penguasaan kosakata serta susunan kata, frase, kalimat juga maksud yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan menonton film berbahasa Inggris menggunakan English Subtitle dan kemampuan berbicara. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester tiga Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kusumanegara Jakarta. Metode Penelitian adalah kuantitatif dengan mengambil sampel berjumlah 20 mahasiswa. Data yang diambil berupa tes kemampuan berbicara dan kuesioner kebiasaan mahasiswa menonton film berbahasa Inggris menggunakan English subtitle. Penelitian ini menggunakan dua variable. Variabel bebas yaitu kebiasaan menonton film berbahasa Inggris menggunakan English subtitle dan variable terikat yaitu kemampuan berbicara bahasa Inggris. Hasil dari penelitian tersebut diperoleh sig. (2-tailed) 0.014 < 0.05 artinya kemampuan berbicara yang tinggi dipengaruhi oleh kebiasaan menonton film. Terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan menonton film berbahasa Inggris dengan English subtitle dan  kemampuan berbicara. Taraf koefisien korelasi 0.539 > 0.05 Maksudnya yaitu apabila tingkat kebiasaan menonton film berbahasa Inggris tinggi maka kemampuan berbicara bahasa Inggris pun tinggi dan apabila tingkat kebiasaan menonton film barat rendah  maka kemampuan berbicara bahasa Inggris pun rendah


Keywords


Hubungan; Kebiasaan Menonton Film; Kemampuan Berbicara; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bjorklund, David F. (2005). Children’s Thinking: Cognitive Development and Individual Differences. Australia:Wadsworth.

Blake, B. (1990). Relational Grammar (1st ed.). Taylor & Francis.

Brewster, J., Ellis, G., &Girrard, D. (1992). The Primary English Teacher’s Guide. Penguin English.

Burns, R.B. (2000). Introduction To Research Methods: 4th Edition. New South Wales: Longman

Canning-Wilson, C. (n.d.). Practical Aspects of Using Video in the Foreign Language Classroom. The Internet TESL Journal. http://iteslj.org/

Dzanic, Nihada Delibegovic and Alisa Peijic. (2016). The Effect of Using Songs on Young Learners and Their Motivation For Learning English. NETSOL An interdisciplinary Journal Volume 1, issue 2, October 2016, pp 40-54 https://www.researchgate.net/publication/312054146

Fraenkel Jack R, and E. Wallen Norman. (2012). How to Design and Evaluate Research Education 8th Edition. New York: Mc Graw Hill

Griffe, D.T. (1990). Hey Baby ! Teaching Short and Slow Songs in the ESL Classroom. TESLRepoter 23 (4): 64-72

Hanafiah, Wardah. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Media Film. Jurnal Epigram, Vol. 16 No. 2 Oktober 2019

Harmer, J. (2007). How to Teach English. Harlow: Longman.

Hornby, A.S. (1995). Oxford learner’s Dictionary of Current English. London: Oxford University Press

Ifadah, uthimatul dan Siti Aimah. (2012). Kefektifan lagu sebagai media belajar dalam Pengajaran Pronunciation/Pengucapan. Seminar Hasil-Hasil Penelitian-LPPM UNIMUS 2012. ISBN : 978-60218809-0-6. http:/jurnal.unimus.ac.id

J. Michael O’Malley, & Lorraine Valdez Pierce. (1991). Authentic Assessment for English Language Learners : Practical Approaches for Teachers. Pearson Education ESL.

Jeihan, Cherissa dan Kadek Oktarina Wirottami. (2019). Studi Korelasi Antara Kebiasaan Menonton Film Berbahasa Inggris, Penguasaan Kosakata, dan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris. Jurnal ilmiah Pendidikan. ISSN: 2354-5968 hal 173

Kitagaki, I (2013). Effect of English Sentences Memorization on the Speaking Skill and the E-learning of English. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 103,348-351.https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2013.10.343

Koshinsky, E. (2008). How to teach speaking.

Megawati, M. (2017). Pengaruh Media Poster terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris (Eksperimen di Sdit Amal Mulia Tapos Kota Depok). Getsempena English Education Journal, 4(2), 217637.

Megawati, M. (2018). Improving The Students’ Speaking Skill Through Storytelling Technique Toward Eleventh Grade Students At SMK Swasta Cimanggis. BRIGHT: A Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature, 2(1).

Megawati. (2019). The Correlation Between Students’Anxiety and Speaking Skill at STKIP Kusuma Negara Jakarta (A survey Research First Semester Academic Year 2018/2019). Scope: Journal of English Language Teaching Volume 03, Issue 02, March 2019.

Mulyadi, Dodi & Yulia Mutmainnah. (2015). Penggunaan Film Berbahasa Inggris Dengan English Subtitle Dalam Meningkatkan Keterampilan Listening. The 2nd University Research Coloquium 2015. ISSN 2407-9189

Napikul, S. (2018). The effects of Film Subtitles on English Listening Comprehension and Vocabulary. International Journal of Applied & English Literature. p. 104

Nurmala, Dewi. (2019). Media Film Berbahasa Inggris Dalam Pembelajaran Listening. Prosiding Seminar Nasional & Expo II Hasil Penenlitian dan Pengabdian Masyarakat 2019. hal 963-968

Thomburry, Scott. (2005). How To Teach English.

Wiersma. (2000). Metode Statistika. Badung: Tarsito

Wright, J. A. (2005). Animation Writing and Development (First). Focal Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).