PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PETA HURUF SISWA TAMAN TK NURUL AZIZI MEDAN

Epi Supriyani(1*)

(1) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia (UPMI Medan)
(*) Corresponding Author

Abstract


Membaca merupaka keterampilan bahasa tulis yang bersifat reseptif. Keterampilan membaca termasuk kegiatan yang kompleks dan melibatakan berbagai keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca siswa Taman Kanak-kanak antara yang diberikan media petak huruf dibandingkan dengan yang diberikan pembelajaran media kartu huruf. Penelitian ini dilakukan pada siswa Taman Kanak-kanak Nurul Azizi Medan. Sampel penelitian ini terdiri dari 20 anak. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental desain factorial 2x2. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji-F, pengujian uji lanjut menggunakan uji Tuckey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan membaca siswa Taman Kanak-kanak antara yang diberikan pembelajaran media petak huruf lebih baik bila dibandingkan dengan pembelajaran media kartu huruf pada taraf kepercayaan ? = 0,05 dengan Fh = 17,54 > FT = 4,09, dengan menggunakan uji Tuckey diperoleh Qhitung = 7,23 > Qtabel = 3,96. Secara keseluruhan siswa Taman Kanak-kanak antara yang diberikan pembelajaran media petak huruf lebih baik bila dibandingkan dengan pembelajaran media kartu huruf.


Keywords


Media Pembelajaran; Keterampilan; Membaca

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dariyo A. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Tiga Tahun Pertama. Bandung: Refika Aditama.

Depdiknas . (2003) Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Dhieni, N., dkk. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Buku Materi Pokok. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Dyah Uswatun (2017) Perbedaan Keterampilan Membaca Anak Kelompok B Berdasarkan Gender di TK Se-Kecamatan Pundong Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hainstock, E.G., (2002). Teaching Montessori in The Home Pre-School Years. (Judul: Montessori untuk Pra Sakolah. Alih Bahasa:Hermes). Jakarta: Pustaka Delapratasa.

Jamaris, Martini. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Grasindo. Jakarta. PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial Volume 1, Nomor 1, Agustus 2019; 139-152 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa. 5-7.

Jo Lioe Tjoe, (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Pemanfaatan Multimedia (Action Research, Kelompok B TK. Kristen Anugerah Jakarta, Tahun 2012) PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 7, Edisi 1 April 2013. 1-3.

Juel, C. (1988). Learning to Read and Write : A Longitudinal Study of 54 Children from First Through Fourth Grade. Journal of Educational Psychology, 80 (4), 437-447.

Masyithoh Syari’ati, (2016) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melaluimedia Balok Huruf Pada Kelompok B Tk Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 5, Edisi 2, Desember 2016. 798.

Montolalu, B.E.F., (2005). Bermain dan Permainan Anak. Buku Materi Pokok. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Mulyono Abdurrahman, (2012) Anak Berkesulitan Belajar,Jakarta: Rineka Cipta.

Nining Handini (2017) Meningkatkan Keterampilan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Jurnal EMPOWERMENT Volume 6, Nomor 1 Februari 2017, ISSN No. 2252-4738.19.

Nurhadi (2010) Bagimana Meningkatkan Keterampilan Membaca, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rahim, F. (2011). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Salik Yasirli Arizqa (2019) Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Keterampilan Membaca Awal Di Kelas A Taman Kanak-Kanak (Tk) Wijaya Kusuma Taman Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: UIN Sunan Ample

Susanto Ahmad, (2011) Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Tarigan, Henry Guntur, dkk. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tatik Ariyati (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Gambar. PAUD PPs Universitas Negeri Jakarta. JURNAL PENDIDIKAN USIA DINI Volume 8 Edisi I, April 2014. 1-2.

Tom & Hariet Sobol (2003). Rancangan Anak Cerdas. Jakarta: Inasasi Perss

Tri Lestari Waraningsih (2014) Upaya Meningkatkan Keterampilan Mengenal Huruf Menggunakan Media Kartu Kata Di Tk Sulthoni Ngaglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Univesitas Negeri Yogyakarta.

Wahyudin U & Agustin, M. (2012). Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).