KEEFEKTIFAN COOPERATIVE LEARNING STAD DAN NHT DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Ayi Ahmad Maulana Yusup(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Materi matematika tak semata-mata berkaitan dengan kemampuan menghitung, tetapi juga berkaitan dengan kemampuan menyelesaikan permasalahan dan kemampuan komunikasi. Didapatkan informasi awal bahwa saat pembelajaran matematika guru hanya menggunakan metode pembelajaran yang sifatnya satu arah, guru mendominasi dalam pembelajaran, siswa hanya mendengarkan, mengerjakan tugas, kemudian dinilai, siswa juga malas untuk bertanya terkait dengan materi, siswa belum memahami rumus mana yang tepat untuk setiap pertanyaan yang diajukan pendidik, sehingga menyebabkan keterampilan berbicara dan menyelesaikan dari setiap persoalan siswa masih rendah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah, peneliti memanfaatkan metode  pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika baik secara multivariat maupun parsial. Desain Penelitian ini adalah eksperimen, dengan sampel berjumlah 70 peserta didik kelas VII SMP Swasta di kota Tangerang selatan, terdiri dari SMP PGRI 1 Ciputat dipilih sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen (A1) Student Teams-Achievement Divisions (STAD)  dan dari SMP Darussalam dipilih sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen (A2) Numbered head together (NHT). Hasil penelitian menunjukan bahwa (1). Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika secara Multivariat. Implikasi dari penelitian ini yaitu bahwa pemanfaatan metode pembelajaran yang dipilih seorang guru di sekolah sangatlah penting, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, dan untuk menciptakan pembelajaran Matematika menjadi lebih menarik, supaya peserta didik mempunyai kemampuan komunikasi matematika yang baik, dan juga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Keywords


Metode STAD; NHT; Kemampuan Komunikasi; Pemecahan Masalah Matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Juliani Noor, A., & Megawati, M. (2014). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45–52. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.600

Lagur, D. S., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 357–368. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.160

Menanti, H., & Rahman, A. A. & H. M. (2015). PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DI SD ISLAM KHALIFAH ANNIZAM. Jurnal Bina Gogik, Volume 2 N, 45.

Muhammad, I., Nufus, H., & Mursalin. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad ( Student Teams Chievement. Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 113–118.

Noor, A. J., & Husna, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achiviement Division (STAD). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.20527/edumat.v4i2.2578

Rahman, A. A. & H. M. (2015). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( Stad ) Dengan Team Game Tournament ( Tgt ) Di Sd Islam Khalifah. Jurnal Bina Gogik, 2(1), 38–48.

Rakhmawati, R. (2015). Upaya meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Amuntai tahun pelajaran 2013/2014 melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 116–123. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.12

Sapitri, S., & Hartono, H. (2015). Keefektifan Cooperative Learning Stad Dan Gi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 273. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7346

Sutisna, E. N., & Nanang. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Number Head Together ( Nht ) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. 2, 77–86.

Vhalery, R. (2019). PERBANDINGAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER. Research and Development Journal of Education, 6(1), 80-93.

Wahyuni, A., & Abadi, A. M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Cooperative Learning Type Stad Dan Type Tps Pada Pembelajaran Bangun Ruang Siswa Smp. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 164. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2673

Yenni, R. F. (2016). Penggunaan metode numbered head Together ( NHT ) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 33–42. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/1006




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8050

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).