ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMP AL-AZHAR 32 PADANG SEBAGAI KRITERIA PENENTUAN PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN

Amrianto Amrianto(1*), M. Fazlan(2)

(1) Universitas Negeri Malang
(2) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan konsep gaya belajar yang dimiliki peserta didik, maka peserta didik memiliki kekuatan dan kelemahan dalam belajar. Saat guru menerapkan gaya belajar yang tidak sesuai dengannya maka akan memepengaruhi hasil belajar. Oleh sebab itu penting kiranya untuk mengidentifikasi gaya belajar peserta didik. Salah satu sekolah di Kota Padang yaitu SMP Al-Azhar 32 Padang memiliki prestasi yang cukup banyak, walaupun termasuk sekolah swasta, namun tetap memiliki daya saing yang tinggi. Melihat prestasi yang dimiliki sekolah tersebut peneliti tertarik melakukan identifiksi gaya belajar peserta didik di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan menggunkan teknik non-probability sampling. Sampel penelitian yaitu kelas VII A (Ar-Rahman) dengan 18 anggota kelas. Pengumpulan data dengan menggunakan angket identifikasi gaya belajar peserta didik. Hasil yang didapatkan bahwa 1) gaya belajar peserta didik kelas VII A (Ar-Rahman) didominasi oleh peserta didik bergaya belajar visual, 2) guru tidak dapat menekankan hanya pada satu gaya belajar peserta didik, sebaiknya divariasikan, 3) penentuan gaya belajar yang akan digunakan juga tergantung pada karakteristik mata pelajaran tertentu, 4) penentuan model, metode dan media membutuhkan adanya identifikasi gaya belajar.

Keywords


Gaya Belajar; Visual; Pembelajaran

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmed, J. (2013). How different are students and their learning styles?. International Journal of Research in Medical Sciences, 1(3), 212.

Aini, S. N., & Sudira, P. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran, gaya belajar, sarana praktik, dan media terhadap hasil belajar patiseri SMK se-Gerbangkertasusila. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 88-102.

Anbarasi, M., Rajkumar, G., Krishnakumar, S., Rajendran, P., Venkatesan, R., Dinesh, T., ... & Venkidusamy, S. (2015). Learning style-based teaching harvests a superior comprehension of respiratory physiology. Advances in physiology education.

Andromeda, A., Lufri, Festiyed, Allizar, E., Iryani, I, Guspatni, G., Fitri, L. (2018). Validity and Practicality of Experiment Integrated Guided Inquiry-Based Module on Topic of Colloidal Chemistry for Senir High School Learning. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), p. 012094. IOP Publishing.

Ansela. (2016). Pengaruh Gaya dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Marketing Kelas X Pemasaran SMK Immanuel, Untan Pontianak.

Arsana, I.W. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Peserta didik Kelas V yang memiliki Kecerdasan Emosional dan Gaya Belajar yang Bebeda di Kecamatan Rendang, Karang , Bali, Jurnal Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, 13: 1-12.

Bire, A. L., Geradus, U., dan Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2).

Cahyaningtyas, D. (2017). Pengaruh Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris, Manajemen Waktu dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Aplikasi Komputer pada Mahapeserta didik Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Pendidikan Akutansi, 1(1): 1-8.

Chatib, Munif. (2014). Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Darmansyah. (2010). Pembelajaran Berbasis Web: Teori, Konsep dan Aplikasi. Padang: UNP Press.

Dedi, S.R., dkk. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar, Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Mahapeserta didik S! PGSD Masukan Sarjana Di UPBJJ UT Bandung, Edu Humaniora, 8(2): 163-177.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, & Sarah Singer-Nourie. (2014). Quantum Teaching. Bandung: PT Mizan Pustaka.

Firdaus, H.P.E. (2016). Analisis Proses Menyelesaian Masalah Matematika berdasarkan Gaya Belajar Peserta didik Sekolah Dasar pada Materi Operasi Perkalian dan Pembagian Pecahan, Universitas Muhammadiyah Jember.

Gilakjani, A. P. (2012). Visual, auditory, kinaesthetic learning styles and their impacts on English language teaching. Journal of studies in education, 2(1), 104-113.

Halim, A. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Fisika, Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2): 98-108.

Hamzah, (2008). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartati, L. (2015). Pengaruh gaya belajar dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3): 224-235.

Hasan, H.Z.______. Buku Online Belajar Otodidak Sampai Mati, (Online), (https://sampenulis.wordpress.com/anda-mau-tahu-gaya-belajar-dan-kecerdasan-berganda-isilah/, diakses 12 Maret 2018).

Hasniati, N., dkk. (2017). Hubungan Motivasi Belajar, Gaya Belajar dan Kesadaran Metakognitif dengan Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng, Journal of Biological Education, 1(1): 15-22.

Hosnan. (2014). Pendekatan dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Huda, H. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pusta Pelajar.

Irham, M., dan Wiyani, N. A. (2016). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalalm Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kuslaila, M., dkk. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Pair Checks pada Materi Pokok Segitiga ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2): 110-115.

Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.

Nurlia, dkk. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Peserta didik, Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2): 321-328.

Oktarina, K., Lufri, dan Chatri, M. (2018). Validity of Learning Module Natural Sciences Oriented Contructivism with the Contain of Character Education for Students of Class VIII at Yunior High School. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1), p. 012094. IOP Publishing.

O'Mahony, S. M., Sbayeh, A., Horgan, M., O'Flynn, S., & O'Tuathaigh, C. M. (2016). Association between learning style preferences and anatomy assessment outcomes in graduate?entry and undergraduate medical students. Anatomical sciences education, 9(4), 391-399.

Philbin, M., Meier, E., Huffman, S., & Boverie, P. (1995). A survey of gender and learning styles. Sex roles, 32(7-8), 485-494.

Prastiti, S. D., & Pujiningsih, S. (2009). Pengaruh faktor preferensi gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa akuntansi. Jurnal ekonomi bisnis, 14(3), 224-231.

Rahayu, A.T., dan Sibawaih, I. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris yang Menyenangkan melalu Pemahaman Gaya Belajar Peserta didik, Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2): 193-200.

Rahayu, S. Dan Istiani, A. (2017). Pembelajaran Matematika melelaui Pendekatan Kontekstual dengan Gaya Belajar VAK (Visual Auditory Kinestetik), Jurnal Edumath, 3(2): 129-137.

Riding, R., & Rayner, S. (1998). Cognitive styles and learning strategies. London: David Fulton Publisher.

Sahimin, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo, Edu Riligia, 1(2): 152-163.

Suryabrata, S. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Suryadin, dkk. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditorial Kinestetik (VAK) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsari Tahun Ajaraan 2015/2016, J. Pijar MIPA, 12(1): 19-24.

Syukur, M., dan Misu, L. (2016). Hubungan antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas XI SMAN 4 Kendari, Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2): 153-167.

Vhalery, R., Hartono, D., & Leksono, A. W. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Pada Aktivitas Belajar Matematika Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(2), 78-86.

Wibowo, W.A. (2018). Pengaruh Gaya Belajar, Tingkat Pendapatan Orang Tua dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Mahapeserta didik Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7(1): 79-86.

Wicaksono, A.G. (2016). Korelasi Motivasi Belajar dan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Ilmu Alamiah dasar Mahapeserta didik Prodi PGSD Universitas Slamet Riyadi Surakarta Tahun Akademik 2015/2016, Profesi Pendidikan Dasar, 3(2): 121-125.

Willingham, D. T., Hughes, E. M., & Dobolyi, D. G. (2015). The scientific status of learning styles theories. Teaching of Psychology, 42(3), 266-271.

Wiyono, K., Setiawan, A., & Paulus, C. T. (2012). Model multimedia interaktif berbasis gaya belajar untuk meningkatkan penguasaan konsep pendahuluan Fisika zat padat. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).

Zahri, T.N. dkk. (2017). Hubungan Gaya Belajar dan Keterampilan Belajar denga Hasil Belajar Mahapeserta didik, Konselor. 6(1): 18-23.

Zainal, A. 2011. Micro Teaching. Jakarta: Rajawali Pres.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.8004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).