Analisis Empiris: Solusi Perkuliahan Di Era Normal Baru

M. Ardiansyah(1*), Mohamad Lutfi Nugraha(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Wabah pandemi corona virus disease 19 menyebabkan universitas tutup sementara untuk dapat menghindari penularan penyebarannya virus corona. Hal tersebut membuat berbagai aktivitas harus dirubah menjadi pembelajaran daring termasuk di perguruan tinggi. Penelitian ini membahas tentang semua aktivitas menuju normal baru dalam menyelenggarakan perkuliahan daring terkait penggunaan enam strategi yang diterapkan oleh dosen di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Dalam kurun waktu normal baru, penelitian ini mengungkap enam strategi penyelenggaraan perkuliahan daring yaitu; a) strategi kontekstualisasi, b) strategi penyampaian yang tepat, c) strategi adaptasi yang tinggi dalam menggunakan teknologi, d) strategi dukungan yang memadai, e) strategi partisipasi yang berkualitas, f) strategi proses yang berkelanjutan. Adapun hasil yang diperoleh (1) Dosen memiliki rencana pembelajaran yang berani. (2) Menyediakan alat audio terbaik di perangkat pengajaran daring. (3) Mengorganisir kelas kecil dengan membagi giliran kelas sebanyak 12-15 mahasiswa dalam satu sesi jadwal pengajaran. (4) Memerintahkan mahasiswa untuk menggali berbagai sumber belajar dari luar kelas (5) Menggabungkan antara pengajaran daring dan pembelajaran tatap muka dengan menginstruksikan mahasiswa untuk menghadiri kelas jarak jauh. (6) Menuntut mahasiswa menyelesaikan tugas yang diberikan.

Keywords


Covid-19; New Normal; Perkuliahan Daring

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Asamoah, M. K., & Oheneba-Sakyi, Y. (2017). Constructivist tenets applied in ICT-mediated teaching and learning: higher education perspectives. Africa Education Review, 14(3-4) ,196-211.

Brinkley-Etzkorn, K. E. (2018). Learning to teach online: Measuring the influence of faculty development training on teaching effectiveness through a TPACK lens. Internet and Higher Education, 3(8), 28-35.

Cahapay, M. B. (2020). Social Distancing Practices of Residents in a Philippine Region with Low Risk of COVID-19 Infection. European Journal of Environment and Public Health, 4(2), em0057.

Cowan, N. (2014). Working Memory Underpins Cognitive Development, Learning, and Education. In Educational Psychology Review. https://doi.org/10.1007/s10648-013-9246-y

Culp, W. C. (2020). Coronavirus Disease 2019. A & A Practice, 14(6) e01218.

Do, Q. H., & Chen, J. F. (2013). A neuro-fuzzy approach in the classification of students’ academic performance. Computational Intelligence and Neuroscience. 2013, 1-7.

Donlan, J. (2014). De-extinction in a crisis discipline. Frontiers of Biogeography, 6(1), 25-28.

Fitriyadi, H. (2013). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan : Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Pendidikan Teknologi Kejuruan, 21(3) 269-284.

Gozali, A. (2020). Bimbingan Dan Konseling Berbasis Teknologi Informasi Pada Masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution : Journal of Counseling and Education Layanan, 1(2) 36-49.

Hege, B. A. R. (2011). The Online Theology Classroom: Strategies for Engaging a Community of Distance Learners in a Hybrid Model of Online Education. Teaching Theology and Religion, 14(1) 13-20.

Honkapuro, S., Tuunanen, J., Valtonen, P., Partanen, J., Järventausta, P., Heljo, J., & Harsia, P. (2015). Practical implementation of demand response in Finland. 23rd International Conference on Electricity Distribution (CIRED 2015).

Horspool, A., & Lange, C. (2012). Applying the scholarship of teaching and learning: Student perceptions, behaviours and success online and face-to-face. Assessment and Evaluation in Higher Education, 37(1) 73-88.

Ippolito, M., Di Tria, G. B., Aldrigo, C., Ricci, M., Zoni, U., Giordano, A., & Cozzolino, M. (2020). Standard procedures in dialysis during the Covid-19 epidemic. Giornale Italiano Di Nefrologia : Organo Ufficiale Della Societa Italiana Di Nefrologia, 37(3), 115-120.

Jenkins, J. (2014). Sickness absence in the labour market February 2014. Office for National Statistics, 10(2), 1-21.

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 3(2) 137-154.

Kizilcec, R. F., Davis, G. M., & Cohen, G. L. (2017). Towards equal opportunities in MOOCs: Affirmation reduces gender & social-class achievement gaps in China. L@S 2017 - Proceedings of the 4th (2017) ACM Conference on Learning at Scale. https://doi.org/10.1145/3051457.3051460

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1) 53-65.

Kweka, K. H., & Ndibalema, P. (2018). Constraints Hindering Adoption of ICT in Government Secondary Schools in Tanzania: The Case of Hanang District. International Journal of Educational Technology and Learning, 4(2) 46-57.

Lameras, P., Levy, P., Paraskakis, I., & Webber, S. (2012). Blended university teaching using virtual learning environments: Conceptions and approaches. Instructional Science, 40(1) 141-157.

Littlejohn, A., Hood, N., Milligan, C., & Mustain, P. (2016). Learning in MOOCs: Motivations and self-regulated learning in MOOCs. Internet and Higher Education, 29(1), 40-48.

Macdicken, K., Reams, G., & Freitas, J. De. (2015). Forest Ecology and Management Introduction to the Changes in Global Forest Resources from 1990 to. Forest Ecology and Management, 35(2), 3-8.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis + the Coding Manual for Qualitative Researchers, 20(1), 100-104.

Oproiu, G. C. (2015). A Study about Using E-learning Platform (Moodle) in University Teaching Process. Procedia - Social and Behavioral Sciences.

https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.140

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2) 30-36.

Pothkow, K., & Hege, H. C. (2011). Positional uncertainty of isocontours: Condition analysis and probabilistic measures. IEEE Transactions on Visualization and Computer Graphics. 17(10), 1393-1406.

Puji Lestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19.

Ratnaya, I. G. (2011). Dampak Negatif Perkembangan Teknologi Informatika Dan Komunikasi Dan Cara Antisifasinya. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 8(1), 17-28.

Rosdiana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 87-100.

Sangrà, A., González-Sanmamed, M., & Anderson, T. (2015). Meta-analysis of the research about MOOC during 2013-2014. Educacion XX1, 18(2) 1-28.

Sari, I. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Googleclassroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Sarip, S., Syarifudin, A., & Muaz, A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Masyarakat Dan Pembangunan Desa. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 5(1) 10.

Shishkovskaya, J., Sokolova, E., & Chernaya, A. (2015). “Paperless” Foreign Languages Teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 206, 232-235.

Siregar, P. P., & Zahra, A. H. (2020). Bencana Nasional Penyebaran COVID-19 sebagai Alasan Force Majeure, Apakah Bisa? Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. (2020). Corrigendum to “World Health Organization declares Global Emergency: A review of the 2019 Novel Coronavirus (COVID-19)” [Int. J. Surg. 76 (2020) 71–76] (International Journal of Surgery (2020) 76 (71–76).

Suto, I. (2013). in Research Matters: A Cambridge Assessment Publication. In Camridge Assesment, 11(2), 1-28.

Syamsuar, & Reflianto. (2019). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. In e-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2) 1-13.

Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. ISSN 2613-9189 (2019) 2 498-502.

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2) 169-177.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1) 1-8.

Wu, J., Guo, S., Huang, H., Liu, W., & Xiang, Y. (2018). Information and communications technologies for sustainable development goals: State-of-the-art, needs and perspectives. IEEE Communications Surveys and Tutorials, 20(3) 2389-2406.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).