KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENYERAPAN LULUSAN BERBASIS INDUSTRI

Kholifatul Husna Asri(1*), Aan Komariah(2), Danny Meirawan(3), Dedy Achmad Kurniady(4)

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tuntutan kepemimpinan kepala sekolah semakin kompleks dan dibutuhkan dalam proses penyelenggraan pendidikan kejuruan (SMK) untuk menciptakan lulusan yang inovatif, berkualitas dan memiliki daya saing sesuai standar dan kondisi industri. Selain itu, keberanian kepala sekolah dalam mengambil risiko melakukan perubahan dan terobosan-terobosan yang dibuat sebagai upaya pemenuhan penyelarasan kebutuhan dan tuntutan DUDI penting dimiliki. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif untuk dapat memberikan gambaran beserta jawaban dari masalah penelitian terkait kepemimpinan kepala sekolah. Infroman penelitian yaitu 1) pemimpin, 2) wakil kepala bidang kurikulum, 3) wakil kepala bidang hubungan industri, 4) kepala program, dan 5) guru. Wawancara, dokumentasi dan observasi dilakukan sebagai pengumpulan data dalam penelitian. Hasil penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah SMKN 2 Kota Bogor dapat berperan sebagai penggerak perubahan yang mampu membangun kemitraan dengan DUDI melalui program-program sekolah berbasis indutri, sehingga mampu menyerap lulusan di berbagai perusahaan atau industri kemitraan yang telah dilaksanakan diantaranya sinkronisasi kurikulum, PKL, TEFA, UJIKOM, kelas industri, magang guru, guest teacher, BKK dan recruitment. Kesimpulan penelitian ini bahwa pengelolaan SMK dibutuhkan  manajerial skill kepala sekolah dalam merespon perubahan dan perkembangan DUDI bagi kemajuan sekolah.

Keywords


Tuntutan Pemimpin; Lulusan Berkualitas; Kemitraan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abuzar, H. (2011). Membangun Sinergi SMK Dengan Dunia Usaha Melalui Link And Match Sebagai Pola Kemitraan.

Bungin, Burhan. (2011). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: PT. Kencana.

Cece Wijaya & Tabrani Rusyan. (2018). Kemampuandasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Dharma, S. (2010). Kualitas Kepala Sekolah Harus Ditingkatan.

Direktorat PSMK. Pembiayaan Operasional Non Personalia. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Fajriah, U N. Ketut S. (2017). Pengaruh Praktik Kerja Inustri, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, Dan Bimbingan Karir Pada Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 6 (2).

Halim, Rosnarizah Abdul. (2015). Kepemimpinan Distributif, Faktor Kontekstual dan Efikasi Kendiri. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 2 (4).

Ilham, et al. (2019). Efektivitas Kepemimpinan Vokasi Untuk Produktivitas Pembangunan Sumber Daya Manusia di Balai Latihan Kerja. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kejuruan, 12(2), 107-117.

Ixtiarto, B. Sutrisno, B. (2016). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1).

Jubaedah, Y., Rohaeni, N., & Tati. (2015). Model Link and Match Dengan Pendekatan Competency Based Training Pada Pembelajaran Tata Graha di Sekolah Menengah Kejuruan.Jurnal Penelitian Pendidikan, (15), 1.

Kurniasari, Dewi. (2015). Analisis Pelaksanaan Kerjasama SMK dengan Dunia Usaha. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(1), 1- 70.

Lestari, B. Pardimin. (2019). Manajemen Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Industri Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1).

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Nasruji. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 40-53.

Perdana, N S. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Model Teaching Factory Dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1).

Perdana, N S. (2019). Analisis Permintaan dan Penawaran Lulusan SMK Dalam Pemenuhan Pasar Tenaga Kerja. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 173-181.

Samsudi. (2014). Model Kemitraan SMK dengan Du/Di untuk Mengembangkan Kewirausahaan Lulusan. Jurnal disajikan dalam Prosiding Konvensi Nasional Asosiasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (APTEKINDO) ke-7. Bandung: FPTK Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Santiyadnya, N. (2011). Implementasi Uji Kompetensi dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Lulusan SMK Negeri Bidang Teknologi di Provinsi Bali. Jptk, Undiksha, 8(1), 1–16.

Satriadi, et al. (2018). Pelatihan Kewirausahaan Kreatif & Inovatif Di SMK Negeri 1 Mempura Kecamatan Mempura Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, Vol.2 No.1.

Sulipan, (2004). Pengelolaan Pendidikan Dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Abstrak Disertasi. Bandung : PPS-UPI.

Sulistyorini. (2008). Hubungan Antara Manajerial Kepala Sekolah dan IklimOrganisasi Dengan Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan.

Sunarto., Supriadi, D. (2019). Efektivitas Implementasi Model Pembelejaran SMK dalam Memenuhi Tantangan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Taman Vokasi, 7(2), 190-200.

Suparno, Paul. (2002). Kompetensi Umum Lulusan Perguruan Tinggi di Masyarakat Global, Yogtakarta. Universitas Atmajaya

Sutjipto. (2019). Perancangan Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Sebagai Pranata Budaya Kerja. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1).

Villiers, R. D. (2010). The Incorporation of Soft Skills Into Accounting Curricula: Preparing Accounting Graduates For Their Unpredictable Futures. Meditari Accountancy Research, 18 (2), 1-22.

Wulandari, et al. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akreditasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Palembang: Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Yulianti & Budi S. (2014). Pengelolaan Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Studi Situs SMK Negeri 2 Kendal). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).