Analisis Penilaian Tengah Semester Menggunakan Sistem CBT Pada Mata Pelajaran Matematika Di SMK Islam Perti Jakarta

M. Ardiansyah(1*)

(1) UNINDRA PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bermaksud untuk memperoleh gambaran tentang Analisis penilaian tengah semester (PTS) dengan menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) mata pelajaran matematika Peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMK Islam Perti Jakarta, Jalan tawakal raya No.99 Kelurahan Tomang Kecamatan Grogol Petamburan Jakarta Barat. Subjek penelitian sebanyak 30 orang peserta didik yang diambil secara purposive random samping. Adapun simpulan dari penelitian ini antara lain: 1) Penggunaan CBT pada penilaian tengah semester mata pelajaran mtematika di SMK Islam Perti Jakarta sangat bermanfaat, terutama dari segi efisiensi penggunaan kertas menjadi ujian berbasis CBT. 2) Penggunaan CBT dalam pembelajaran matematika khususnya mampu meningkatkan minat kepada peserta didik karena tampilan soal matematika yang cukup menarik dan dikerjakan melalui Handphone android masing-masing peserta didik, sehingga hasil ujian PTS matematika ada peningkatan. 3) Penggunaan CBT untuk PTS ditemukan banyak permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik, diantaranya koneksi internet kurang optimal, mengakibatkan pengerjaan soal matematika Peserta didik menjadi terhambat. Selain itu, kendala-kendala teknis yang terjadi pada saat ujian PTS berlangsung seperti tidak muncul soal, waktu pengerjaan yang tidak sesuai, gambar tabel/simbol matematika yang tidak tampil di layar handphone peserta didik, lupa username dan password sehingga membuat pengerjaan ujian PTS matematika Peserta didik menjadi terganggu dan tidak maksimal.

Keywords


Penilaian tengah semester; PTS; Computer based test; CBT; Matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Fagbola, T. M., Adigun, A. A., & Oke, A. O. (2013). Computer-Based Test (CBT) System For University Academic Enterprise Examination. International journal of scientific & technology research, 2(8), 336-342.

Harun Al-Rasyid. (2013). Analisis Standar Kualifikasi Akademik Guru SD di Kecamatan Kras Kabupaten Kediri. Widyagogik, 1(1), 1–16.

Hosseini, M., Abidin, M. J. Z., & Baghdarnia, M. (2014). Comparability of Test Results of Computer based Tests (CBT) and Paper and Pencil Tests (PPT) among English Language Learners in Iran. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.465

Kadir, A. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 70-81.

Lidya Wati, L., Kasmawi, K., & Mawarni, S. (2018). Implementasi computer based test (CBT) di sekolah menengah kejuruan. Batoboh. https://doi.org/10.26887/bt.v3i1.491

Lutvaidah, U. (2016). Pengaruh Metode dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Penguasaan Konsep Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 279-285.

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT. JURNAL PETIK, 3(1), 28.

Novrianti, N. (2014). Pengembangan Computer Based Testing (CBT) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 34-42.

Putra, M. (2012). Domain Soal Pisa Untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 28.

Sudibyo, L. (2011). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di Indonesia. Widyatama, 20(2), 175-185.

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar proses belajar. Jurnal Pendidikan.

Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Tes Berbasis Komputer (CBT) Menggunakan Pendekatan Terstruktur Untuk Penerimaan Mahasiswa Baru Di Perguruan Tinggi. Jurnal Petik, 1(1), 68.

Sutawidjaja, A., & Afgani, J. (2015). Konsep Dasar Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika, 4(9), 51-57.

The International Test Commission. (2006). International Guidelines on Computer-Based and Internet-Delivered Testing. International Journal of Testing. https://doi.org/10.1207/s15327574ijt0602_4

Thurlow, M., Lazarus, S. S., Albus, D., & Hodgson, J. (2010). Computer-based Testing : Practices and Considerations. Special Education, 55.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v7i1.7667

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).