EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Zainal Abidin(1), Adeng Hudaya(2*), Dinda Anjani(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) (Sinta Id: 6022142) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 pada santri Rumah Al Qashwa tingkat SMP dan SMA di Poltangan Pejaten Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang sifatnya deskriptif yang artinya penelitian yang mengacu pada teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara mendalam dengan key informan dan informan. Adapun jumlah informan yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 Santri.  Cara untuk memperoleh data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah meliputi: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, triangulasi data, pengecekan anggota dan verifikasi data / kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian temuan dilapangan dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran yang dilakukan saat ini cukup efektif meskipun disana-sini masih ada beberapa hambatan yang mengganggu pembelajaran jarak jauh seperti masalah interaksi sosial guru dengan siswa dan ekonomi peserta didik yang nyaris belum siap.


Keywords


Covid-19, Efektivitas; Pembelajaran; Jarak Jauh

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: KENCANA.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif. Jurnal Pendidikan. Vol 2 No 1 (2020). https:// edukatif.org/ index.php/ edukatif /article/view/89 DOI: https: //doi.org/10.31004/ edukatif.v2i1.89

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. BETA: Jurnal Tadris Matematika. Vol 9 No 1 (2016). https: //jurnalbeta.ac.id /index.php/betaJTM/article/view/1 DOI 10.20414/Betajtm.V9i1.1

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. IJES: Indonesian Journal Of Education

Science. Vol 2 No 2 (2020). https: //ojs.unsulbar.ac.id/ index.php/ijes /article/view/659 DOI: https: //doi.org/ 10.31605 /ijes.v2i2.659

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rahmawati, I. (2020). Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Jarak Jauh berbasis Digital Class Platform Edmodo.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. : Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol 9 No 1 (2015). http: // journal.unj.ac.id / unj/index.php / jpud / article /view/3491

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

_______. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tandra, H. (2020). Virus Corona Baru Covid-19 Kenali, Cegah, Lindungi Diri Sendiri & Orang Lain. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Usman, M. H., & Aswar. (2020). Covid-19 Dalam Perjalanan Akhir Zaman : Sebab, Dampak Dan Anjuran Syariat Dalam Menghadapinya. Bustanul Fugqoha: Jurnal Bidang Hukum Islam. Vol 1 No 2. https://journal.stiba.ac.id/index. php/bustanul /article/view/142. DOI: https ://doi.org/10.36701/ bustanul.v1i2.142

Purwanto, A., Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayesti Wijayanti, Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri. (2020) Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and counseling. Vol 2 No 1. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Yerusalem, M. R., & dkk. (2020). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Vol 3 No 4. https: //jtsiskom.undip.ac.id/index. php/ jtsiskom /article/view/ 12668 DOI: https ://doi.org/10.14710/ jtsiskom.3.4.2015.481-492

Zulva, T. N. I. (2020). Covid-19 Dan Kecenderungan Psikosomatis. academia.edu. UIN Wali Songo Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).