PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KOTA BEKASI

Ngadiwon Ngadiwon(1*)

(1) SMP Negeri 2 Kota Bekasi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pokok Materi Sel Sebagai Unit Struktural Dan Fungsional peserta didik kelas VII-6 SMP Negeri 2 Kota Bekasi. Berdasarkan hasil observasi, penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik ialah masih menggunakan model konvensional, kurangnya referensi sumber belajar, pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya antusias peserta didik dalam proses pembelajaran. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik maka dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Model desain penelitian tindakan yang digunakan yaitu Kemmis dan MC Taggart. Pada penelitian ini instrumen pengambilan data menggunakan soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif antar siklus dan deskripsi ketuntasan hasil belajar. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan ditemukan hasil bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan persentase peningkatan hasil belajar peserta didik mencapai ketuntasan, terlihat peningkatan terjadi pada siklus I dari kondisi awal 16 peserta didik (65,60%) yang tuntas menjadi 26 peserta didik (73,53%) yang tuntas. Peningkatan pada siklus II menjadi 35 peserta didik (85,36%) yang tuntas. Saran yang dapat penulis ajukan dengan penelitian ini ialah guru dapat menggunakan Model pembelajaran Discovery Learning sebagai model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik


Keywords


Hasil Belajar; IPA; Materi Sel; Discovery Learning

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdurrahman, Mulyono. (2015). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Angkowo R. dan A. Kosasih. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Grasindo.

Budiningsih, Asri. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Markaban, (2008). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional PPPG Matematika.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta:Rineka Cipta

W.S. Winkel. (2014). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Vhalery, R. (2019). PERBANDINGAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER. Research and Development Journal of Education, 6(1), 80-93.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7577

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).