PENGARUH PERSEPSI PROFESI GURU TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

Alfiyyah Nurlaili Sukma
Elin Karlina
Priyono Priyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi profesi guru berpengaruh terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI Semester 8 Reguler Tahun Akademik 2019/2020. Teknik pengumpulan datanya dengan kuesioner dan dokumentasi. Sampel yang diambil berasal dari populasi mahasiswa prodi pendidikan ekonomi Universitas Indraprasta PGRI semester 8 reguler tahun akademik 2019/2020. Penetuan sampel yang dipakai dalam penelitian ini adalah simple random sampling (sampel acak sederhana). Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t diperoleh  sebesar 2,686  dan     sebesar 1,989, sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh Persepsi Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI.


Keywords


Persepsi; Profesi; Guru; Minat; Pendidikan Ekonomi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdurrahman, M dan Muhidin, S, A. (2011). Panduan Praktis Memahami Penelitian (Bidang Sosial – Administrasi – Pendidikan). Bandung : CV Pustaka Setia

Aini E, N. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Persepsi Terhadap Minat Menjadi Guru Ekonomi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi 2015 UNESA. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 2 (2).

Alim, A, F, dkk. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Profesi Guru Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan (S1) Jurusan Teknik Sipil FT UNP. Journal of Civil Engineering and Vocatonal Education (CIVED), 1 (4).

Alinurdin dan Rahayu, Y, M. (2017). Pengaruh Orang Tua Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 1 (4).

Amaliah, D. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Unindra Press

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Gani, I dan Amalia S. (2015). Alat Analisis Data : Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi & Sosial. Yogyakarta : ANDI.

Hamdi, A, S dan Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta : Deepublish.

Hanafi, H. dkk. (2018). Profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta : Depublish CV Budi Utama.

Hapsari S. & Heryani R.D. (2019). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta : Unindra Press

Ibrahim, A. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Dan Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Kependidikan Di Fakultas Ekonomi UNY. (Skripsi). S1 Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Khairunisa, H. (2017). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Mengenai Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ips Uin Syarif Hidayatullah Jakarta). (Skripsi). S1 Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Kurniasari, I, D. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. (Skripsi). S1 Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Mulyana, A dan Waluyo, I. (2016). Pengaruh Persepsi Tentang Profesi Guru Dan Informasi Dunia Kerja Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 8, 8 (5).

Narbuko, C dan Achmadi, A. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Nasrullah, M, dkk. (2018). Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 1 (5) hlm 1-6.

Nur’aeni dan Amaliah, D. (2012). Profesi Kependidikan. Jakarta : Unindra Press

Octavia, S, A. (2019). Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta : Deepublish CV Budi Utama.

Purwantiningsih, B. (2014). Serangga Polinator. Malang : Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Rahman, A. (2013). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Guru Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012. (Skripsi). S1 Pendidikan Akuntansi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Rahmawati, N. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Melalui Minat Menjadi Guru Sebagai Variabel Intervening. (Skripsi). S1 Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statiska. Bandung: Alfabeta

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif : Quantitative Research Approach. Yogyakarta : Deepublish.

Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Riau : PT. Indragiri

Dot Com. Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yoyakarta : Deepublish.

Sari, D. R. C. (2018). Pengaruh Pengalaman PPP, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 3 (6).

Sefudin, A. dkk. (2018). Perilaku Organisasi. Jakarta : Mitra abadi

Soewadji, J. (2012). Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta : Mitra Wacana Media

Sugiharto, M. (2019). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Program Ppg Dan Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 3 (8).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung : PT Refika Aditama.

Suryani, dkk. (2019). Buku Ajar Perilaku Organisasi. Bali : Nilacakra.

Sya’bani, M, A, Y. (2018). Profesi Keguruan Menjadi Guru Yang Religius dan Bermartabat. Gresik : Caremedia Communication.

Tim Penyusun. (2019). Pedoman Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan. Jakarta : Unindra Press.

Undang–undang No 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wahyuni, D dan Setiyani, R. (2017). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6 (3).

Willya, E. dkk. (2018). Senarai Penelitian : Islam Kontemporer Tinjauan Multikultural. Yogyakarta : Deepublish.

Yusman, D, A dan Ashar, F. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Journal of Civil Engineering and Vocatonal Education (CIVED), 3 (6).

Yusuf, M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia group (Divisi Kencana).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7573

Article metrics

Abstract views : 204 | Full Text views : 126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).