PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERHADAP DISPOSISI MATEMATIKA DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA

Ufiya Putri Adhiyati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dan pemahaman matematika secara multivariat, untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap pemahaman matematika. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Eksperimen dengan statistik Manova dan dilaksanakan di SMPI di kecamatan Bantar Gebang Bekasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dan pemahaman matematika secara multivariat, dibuktikan dengan nilai sig  dengan  = 20,773, terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap disposisi matematika dibuktikan dengan nilai sig  dengan  = 19,250 dan terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran terhadap pemahaman matematika dibuktikan dengan nilai sig  dengan = 15,362. Untuk meningkatkan disposisi matematika dan pemahaman matematika, yaitu dengan melibatkan proses pengoptimalan siswa dalam memulai pelajaran dengan menumbuhkan motivasi terlebih dahulu agar siswa semangat untuk belajar matematika dan dituntut keaktifan dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri sehingga siswa lebih mengerti dengan materi pembelajaran dan proses pembelajaran lebih menyenangkan dan nyaman.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Costa, L.A., Kallick, & Bena.(2012) Belajar dan memimpin dengan ‘kebiasaan berpikir’16 karakteristik untuk sukses. Jakarta: PT Indeks.

Daryanto. (2011). Media pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Yogyakarta : Gaya Medika.

Ghani, D.A. (2016). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran buzz group dalam pembelajaran metamatika terhadap kemampuan pemahaman matematis pada siswa SMA (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pasundan, Bandung

Katz, & Lilian. (2009) Dispositions as educational goals, dari (http://www.ericdigest.org/2009/goals.htm)

Kilpatrick, J. (2006). Adding it up:helping children learn mathematics. Washington DC: National Academy.

Meier, D. (2009). The accelerated learning handbook: paduan kreatif & efektif merancang program pendidikan dan pelatihan. Bandung: Mizan Media Utama.

NCTM, (2006). Principles and standards for school mathematics. Reston VA: The NCTM.

Perkins. (2009) Beyond abilities: a dispositional theory of thinking. Cambridge: Harvard University.

Rahmawati, R . (2013). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa dengan model pembelajaran investigasi kelompok. Bandung: STKIP Siliwangi .

Rose, C. & Nichols, J. M. (2010). Accelerated learning for the 21st century: cara belajar cepat abad xxi. Jakarta: Nuansa.

Suhartini, T. (2010). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA (PTK terhadap kelas V SDN Mulyasari II Kec Bayongbong Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Garut, 16 (4)

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan makalah: berfikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya. Bandung: UPI




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).