PENINGKATAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (STUDI KASUS DI SMK WALISONGO JAKARTA)

Hendro Prasetyono(1*)

(1) (Scopus ID: 5724841856) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Konsep diri merupakan salah satu bagian dari kepribadian individu yang diduga memiliki  dampak terhadap prestasi belajar peserta didik di SMK Walisongo Jakarta. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian merupakan siswa siswi kelas XI Jurusan Akuntansi 1 dan Akuntansi 2 di Sekolah Menengah Kejuruan Walisongo Jakarta Selatan sejumlah 76 siswa. Jumlah sampel yang dihitung dengan Rumus Slovin didapatkan hasil sebesar 43 responden dan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan teknik analisis data menggunakan analisis korelasi, koefisien korelasi, regresi linear dan uji t. Hasil penelitian koefisien korelasi diperoleh rxy = 0,765 artinya terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi antara pengaruh konsep diri peserta didik terhadap belajar akuntansi dengan analisis koefisien determinasi diperoleh sebesar 58,225%. Persamaan regresi Y = 17,91+ 0,805X. Pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel (7,605 > 2,021) artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan konsep diri siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran akuntansi.

Keywords


Konsep Diri; Prestasi Belajar; Siswa SMK

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, D. N. (2015). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritik dan Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar IPA. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 55–67. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.162

Alamsyah, N. (2016). Pengaruh Konsep diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. Jurnal Satuan Artikel Pendidikan, 1(2), 155–164.

Andinny, Y. (2015). Pengaruh Konsep Diri dan Berpikir Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 126–135. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.119

Bardach, L., Yanagida, T., Schober, B., & Lüftenegger, M. (2019). Students ’ and teachers ’ perceptions of goal structures – Will they ever converge ? Exploring changes in student-teacher agreement and reciprocal relations to self-concept and achievement. Contemporary Educational Psychology, 59(August), 101799. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101799

Darmastuti, H., & Karwanto. (2014). Kualitas Pembelajaran Pada Jurusan Teknik Komputer Dan Informatika Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), 9–20.

Fortunately, R., Asmendri, A., & M. Haviz, M. H. (2019). Pengaruh Iklim Organisasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Pariangan. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 87–96. https://doi.org/10.31958/jaf.v7i2.1592

Gerritsen-van Leeuwenkamp, K. J., Joosten-ten Brinke, D., & Kester, L. (2019). Students’ perceptions of assessment quality related to their learning approaches and learning outcomes. Studies in Educational Evaluation, 63(July 2018), 72–82. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2019.07.005

Ghufron, M.N. dan Rini R. S. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruz Media Grup

Gorard, S. (2004). Quantitative Methods in Social Science. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Guay, F., Stupnisky, R., Boivin, M., Japel, C., & Dionne, G. (2019). Teachers’ relatedness with students as a predictor of students’ intrinsic motivation , self-concept , and reading achievement. Early Childhood Research Quarterly, 48, 215–225. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2019.03.005

Hartuti, P. M. (2015). Peran Konsep Diri, Minat dan Kebiasaan Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 91–99. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i2.329

Iim Inayah, & Khoiri, N. (2013). Studi Komparasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Metode Diskusi Dan Model Direct Intruction Dengan Metode Resitasi Berbantuan Buku Saku Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 4(9), 1–5. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Indriaturrahmi, & Sudiyatno. (2016). Peran Dunia Usaha Dan Dunia Industri Dalam Penyelenggaraan SMK Berbasis Kearifan Lokal Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 162–172.

Kamdi, W. (2017). Revitalisasi SMK: Mendongkrak Unggulan Nasional. Direktorat Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, p. 1. Retrieved from http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2637/revitalisasi-smk-mendongkrak-unggulan-nasional

Magfirah, I., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Pengaruh Konsep Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil ? Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Bontomatene ? Kepulauan Selayar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(03), 103–116.

Mynott, G. J. (2018). The academic self-concept of business and management students : A review of the literature. The International Journal of Management Education, 16(3), 515–523. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2018.10.003

Nurfarhana, A., Abdillah, A., & Prasetyono, H. (2017). Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Disiplin Kerja Guru SMKN 1 Depok Dan SMKS Yapan Indonesia. Jurnal Research and Development Journal Of Education, 44(22), 3–22.

Poerwadarminta, W.J.S. (2005). Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Bahari Pustaka

Prasetyono, H., Abdillah, A., Widiarto, T., & Sriyono, H. (2018). Character-based Economic Learning Implementation and Teacher’s Reinforcement on Student’s Affective Competence in Minimizing Hoax. Cakrawala Pendidikan, 37(3), 426–435.

Prasetyono, Hendro, Abdillah, A., & Fitria, D. (2018). Academic Supervision toward Teacher ’ s Performance through Motivation as Intervening Variable. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 188–197. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i2.7324

Putro, A. R. T. S., & Triyono, M. B. (2016). Pengelolaan Labkom Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(2), 143–153.

Rakhmat, Jalaludin. (2007). Persepsi dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Rosa, N. M. (2012). Pengaruh Sikap Pada Mata Pelajaran Kimia Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Kimia. Jurnal Formatif, 2(3), 218–226. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i3.104

Saputra, S., & Prasetyono, H. (2020). The Effect of Scientific Approach to The Activity of Learning Students in SMPN 25 Tangerang City. Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran ), 4(1), 20–30.

Sekaran, U. (2003). Research Methods For Business A Skill-Building Approach (4th ed.). New York: John Wiley & Sons, Inc.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobur, A. (2013). Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Setiawati, L. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Praktik Kejuruan Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Komputer Dan Informatika. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 325–339.

Sewasew, D., & Schroeders, U. (2019). The developmental interplay of academic self-concept and achievement within and across domains among primary school students ?. Contemporary Educational Psychology, 58(March), 204–212. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.03.009

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S. S., & Setiawan, N. (2013). Pengaruh Konsep Diri Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 2(1), 226–225.

Surjanti, J., Soejoto, A., & Nugroho, D. (2020). Mangrove forest ecotourism : Participatory ecological learning and sustainability of students ’ behavior through self-efficacy and self-concept. Social Sciences & Humanities Open, 2(1), 100009. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2019.100009

Surna, I.N. dan Panderiot, O.D. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga

Sutrisno, V. L. P., & Siswanto, B. T. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1), 111–120.

Szumski, G., & Karwowski, M. (2019). Exploring the Pygmalion effect : The role of teacher expectations , academic self-concept , and class context in students ’ math achievement. Contemporary Educational Psychology, 59(June), 101787. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101787

Tamrin, A. G., PH, S., & Soenarto. (2018). The Link And Match Of The Demand And Supply For Productive Vocational School Teachers With Regard To Spectrum Of Vocational Skills In The Perspective Of Education Decentralization. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 40–52.

Thomas, P. (2013). Faktor Determinan Produktivitas Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 17(1), 55–71.

Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin pada Prilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo

Warren, J. M., & Hale, R. W. (2016). The Influence of Efficacy Beliefs on Teacher Performance and Student Success: Implications for Student Support Services. Journal of Rational - Emotive and Cognitive - Behavior Therapy, 34(3), 187–208. https://doi.org/10.1007/s10942-016-0237-z

Wiyani, T. E. K. (2013). Pengaruh Konsep Diri, Kemandirian, Motivasi Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri Di Kabupaten Gresik. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 1(2), 130–139. https://doi.org/10.26740/jepk.v1n2.p130-139




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).