PENDIDIKAN KEDISIPLINAN DI PONDOK PESANTREN EL ALAMIA UNTUK MENANGGULANGI DEGRADASI MORAL

Ibnu Fiqhan Muslim
Sanudin Ranam

Abstract


Moral menjadi kunci bangkitnya sebuah peradaban atau sebaliknya. Jika sebuah bangsa mampu membangun moral yang baik bagi masyarakatnya, maka akan terbentuk peradaban yang baik yang dapat memajukan bangsa tersebut. Dengan pedidikan kedisiplinan diharapkan mampu memperbaiki sikap manja yang terbentuk dalam diri siswa karena terbiasa dalam lingkungan keluarga. Kedisiplinan harus diajarkan mulai dari pemenuhan kepentingan diri sendiri (self service). Metode dalam penelitian ini menggunakan model analisis kausal efektual dengan menggunakan pendekatan rasional yang dirangkai berdasarkan hasil kajian pustaka (literature review). Metode yang digunakan peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, bukan data yang berasal dari tabel atau angka-angka hasil pengukuran yang dianalisis secara statistik, melainkan data penelitian kualitatif merupaka informasi kenyataan yang terjadi di. Sedangkan tehnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi kasus menggunakan teknik wawancara, observasi, sekaligus studi dokumenter yang kemudian akan dianalisis menjadi suatu teori.  Pendidikan kedisiplinan di Pesantren akan mampu merubah kebiasaan sebelumnya dengan kebiasaan baru yang lebih teratur dan positif. Selain itu, dipesantren juga anak di dekatkan dan dilatih untuk melaksankan ibadah sesuai dengan ajaran agama Islam yang kemudian akan terbentuklah suatu generasi yang memiliki akhlakul karimah.


Keywords


Pendidikan; Kedisiplinan; Degradasi Moral

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Budiningsih, C. Asri. 2008. Pembelajaran Moral. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hidayat, Riki Hendri. (2019). Degradasi Moral Generasi Muda. https://www.kompasiana.com/rikihendrihidayat/5cdc4e9e95760e0df52cd3f4/degradasi-moral-generasi-muda?page=all (diakses tanggal 25 september 2020).

Jahroh, Windi Siti & Sutarna, Nana. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi. Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

Lickona, Thomas. (2013). Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Lickona, Thomas. (2012). Character Matters: Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas Dan Kebijakan Penting Lainnya (Terjemahan). Jakarta: Bumi Aksara.

Maragustam. (2016). Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter Menghadapi Arus Global. Yogyakarta : Kurnia Kalam Semesta.

Muchlas, Samani, dan Haryanto.(2011). Pendidikan Karakter. Jakarta : PT Remaja Rosdakarya.

Muthohar, Sofa. (2013).Antisipasi Degradasi Moral di Era Global. Jurnal Pendidikan Islam. IAIN Walisongo Semarang

Nurihsan, A. Juntika dan H. Mubiar A. (2013). Dinamika Perkembangan Anak & Remaja, Tinjauan Psikologi, Pendidikan, dan Bimbinga. Bandung: Refika Aditama.

Okezone.com. (2020). Kenakalan Remaja. https://www.okezone.com/tag/kenakalan -remaja (diakses tanggal 25 september 2020)

Ramdhani, M. A., & Ramdhani, A. (2014). Verification of Research Logical Framework Based on Literature Review. International Journal of Basic and Applied Science, 03 (02), 1-9.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7325

Article metrics

Abstract views : 46 | Full Text views : 23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).