ANALISIS SISTEM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE SUS


Abstract


Pandemi Covid 19 menimbulkan masalah baru pada semua aspek kehidupanseperti dibidang pemerintahan, ekonomi, politik, sosial, budaya, termasuk juga aspek pendidikan.Berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah Indonesia untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Disektor pendidikan telah berlaku aturanBelajar dari Rumah (BDR)atau Study from Home (SFH) atau Learn from Home (LFH) hingga waktu yang belum dapat ditentukan, untuk level universitas setidaknya akan berlaku hingga bulan Februari mendatang. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta menyambut era BDR dengan menyelenggarakan pembelajaran daring.  Pembelajaran daring merupakanpilihan terbaik untuk tetap menjaga kualitas pembelajaran dan di sisi lain menjaga kesehatan. Menarik untuk dikaji, sejauh mana pembelajaran daring yang telah diselenggarakan dapat diterima oleh mahasiswa. Penelitian ini mengambil sampel 60 mahasiswa program studi pendidikan ekonomi. Hasil dari analisis terhadap sistem pembelajaran daring menggunakan metode SUS (System Usability Scale) mendapat score 65.67.Berdasarkan tabel SUS jika score diatas 50 maka sistem tersebut dapat diterima oleh pengguna sebagai media pembelajaran virtual atau daring


Keywords


Analisis Sistem; Pembelajaran; Daring, Metode SUS

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Aprilia, I., Santoso, P. I., Ferdiana, R., Elektro, T., Informatika, T., Gadjah, U., & Yogyakarta, M. (2015). Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale Website Usability Testing using System Usability Scale (Vol. 17). Retrieved from http://www.tegal.

Bangor, A., Staff, T., Kortum, P., Miller, J., & Staff, T. (2009). Determining what individual SUS scores mean: adding an adjective rating scale. Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale, 4(3), 114–123.

Brooke, J. (n.d.). SUS-A quick and dirty usability scale.

Brooke, J. (2013). SUS: A Retrospective (Vol. 8).

Dewi Wirastuti, N., & Sukadarmika, G. (2017). Survey on LMS Moodle for Adaptive Online Learning Design. Journal of Electrical, Electronics and Informatics (Vol. 1).

Ependi, U., Panjaitan, F., & Hutrianto, H. (2017). System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 3(2), 80. https://doi.org/10.20473/jisebi.3.2.80-86

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) Selama Pandemi Covid 19 Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home ( SFH ) … .. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 496–503.

Purnama Sari, I., Nurmaya Sari, M., & Miftah, Z. (n.d.). PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI.

Sari, I. P. (2017). Implementasi Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Claroline. Research and Development Journal of Education, 4(1), 75–87. https://doi.org/10.30998/rdje.v4i1.2070

Sari, I. P., Novitasari, A. T., & Miftah, Z. (2020). EFEKTIVITAS PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DENGAN MACRO POWERPOINT BAGI GURU. Research and Development Journal of Education, 6(2), 31. https://doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6107

Sidik, A., Sn, S., Ds, M., Islam, U., Muhammad, K., & Al-Banjari, A. (n.d.). Penggunaan System Usability Scale (SUS) Sebagai Evaluasi Website Berita Mobile. Technologia (Vol. 9). Retrieved from http://m.detik.com

Sri Handayani, F. (2019). Interpretasi Pengujian Usabilitas Wibatara Menggunakan System Usability Scale Interpretation of Wibatara Usability Testing Using System Usability Scale (Vol. 18).

Tinggi, P., Di, S., & Rasmila, P. (2018). Evaluasi Website Dengan Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada. Retrieved from www.binadarma.ac.id.

Trinura Novitasari, A., Sari, I. P., & Miftah, Z. (n.d.). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 4(1).

Tujni, B., & Syakti, F. (2019). Implementasi Sistem Usability Scale Dalam Evaluasi Perspektif Pengguna Terhadap Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile. ILKOM Jurnal Ilmiah, 11(3), 241–251. https://doi.org/10.33096/ilkom.v11i3.479.241-251




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7076

Article metrics

Abstract views : 58 | Full Text views : 34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).