MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DENGAN PLATFORM LEARNSOCIAL

Megawati Megawati
Eka Rista Harimurti
Ivon Mukaddamah

Abstract


Learnsocial merupakan sejenis platform yang berfungsi sebagai media dalam pembelajaran yang membantu dosen ataupun guru dalam menyampaikan materi. Materi yang  telah disampaikan dikelas dapat diulas kembali oleh mahasiswa dengan menggunakan platform learnsocial. Mahasiswa dapat mempelajari materi yang telah diberikan dosen dimana saja, karena platform learnsocial dapat diakses menggunakan handphone, laptop atau komputer. Dalam keadaan offline mahasiswa tetap dapat mengakses materi yang telah didownload tetapi untuk mendengarkan native speaker dibutuhkan jaringan internet yang baik. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa semester dua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Kusuma Negara. Penelitian ini menggunakan metode Classroom Action Research atau penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada siklus pertama didapatkan hasil 45% mahasiswa yang sudah tuntas dalam pembelajaran  kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan  rata-rata nilai mahasiswa sebesar 71,3. Pada siklus kedua didapatkan hasil 90% mahasiswa dengan kemampuan berbicara dengan rata-rata nilai sebesar 88,5 yang artinya 90% mahasiswa tuntas dapat menggunakan platform learnsocial dalam kemampuan berbicara. Platform learnsocial mudah digunakan mahasiswa dan dosen. Platform tersebut dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris. Hal tersebut terbukti dengan ketuntasan dalam kemampuan berbicara pada siklus I dan siklus II. Platform learnsocial efektif digunakan dalam pembelajaran selain ramah lingkungan juga mudah digunakan.


Keywords


Kemampuan berbicara; Platform learnsocial

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Brown, H. D. (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.

Guilan, H. (2017). Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Pada Siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 3 Pujut Kab. Lomnok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. JUPE, Vol 2 No.2.

Kariani, Vitta. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi Pada Siswa Kelas VI SD Inpres 3 Talise. E-Journal Bahasantondea, Vol. 4 No. 2.

Megawati & Eka Rista. (2020). Penerapan platform learnsocial dalam keterampilan bahasa Inggris mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pena: Sains dan Ilmu Pendidikan. Available at: .

Megawati, M. (2017). Pengaruh Media Poster Terhadap Hasil Belajar Kosakata Bahasa Inggris. (Eksperimen di SDIT Amal Mulia Tapos Kota Depok). Getsempena English Education Journal, 4(2).

Munir. (2010). Kurikulum berbasis teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Pandaleke, Alex, dkk. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Sisa Kelas V SD Bala Keselamatan Palu. Bahasantondea.

Ramdayana, I.P., Prasetyono, H., & Rahman, N.V.T. (2020). Comparative Study Of Discussion And Question-Answer Learning Method To Improve Learning Outcomes Of Vocational High School Students. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(3), 597-607. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i2.7990.

Saputra, S., & Prasetyono, H. (2020). The Effect of Scientific Approach to the Activity of Learning Students in SMPN 25 Tangerang City. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 20–30.

Sadiman, Arief S, dkk. (2008). Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.6943

Article metrics

Abstract views : 49 | Full Text views : 19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).