MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 9 MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP NEGERI 262 JAKARTA TIMUR

Anggraini Anggraini

Abstract


Tujuan penelitian mengetahui motivasi belajar siswa kelas 9 melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri  262 Jakarta Timur. Tempat penelitian  dilaksanakan pada Kelas 9 di SMP Negeri  262 Jakarta Timur  dan waktu penelitian dilaksanakan selama 3 bulan dari Januari sampai dengan Maret 2019. Subjek kajian adalah  siswa kelas  9  SMP Negeri  262 Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2018-2019 yang berjumlah 12 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Peneliti menggunakan instrumen angket dan pedoman  observasi. Hasil penelitian: 1. Pada Siklus pertama, jumlah  siswa memiliki motivasi belajar sedang yaitu 5 siswa atau 41,7  %, 5 siswa memiliki motivasi belajar rendah atau 41,7 %, dan 2 siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah atau 16,6  persen. Dan 100 %  siswa masih memiliki skor  motivasi belajar di bawah 70%. 2. Pada siklus kedua, jumlah  siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi yaitu 2  siswa atau 16,67 %, dan 10  siswa memiliki  kategori motivasi belajar tinggi atau 83,33 % dan 100 persen siswa  memiliki skor  motivasi belajar di atas 70% yaitu dengan kategori tinggi. 3. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok  pada Siswa Kelas 9 Melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri  262 Jakarta Timur dapat mengefektifkan   motivasi  belajar menjadi  semakin baik


Keywords


Motivasi Belajar; Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Hamalik, Oemar. (2017). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Prayitno. (2018). Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung. Padang: FIP UNP.

Sardiman, A. M. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Sukardi, Dewa Ketut. (2017). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. (2017). Teori motivasi dan Pengukurannya. Edisi Pertama. Cet. Ke-8. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W. S. (2018). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.6709

Article metrics

Abstract views : 60 | Full Text views : 39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).