MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 9 MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP NEGERI 262 JAKARTA TIMUR
(1) SMP Negeri 262 Jakarta Timur
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian mengetahui motivasi belajar siswa kelas 9 melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 262 Jakarta Timur. Tempat penelitian dilaksanakan pada Kelas 9 di SMP Negeri 262 Jakarta Timur dan waktu penelitian dilaksanakan selama 3 bulan dari Januari sampai dengan Maret 2019. Subjek kajian adalah siswa kelas 9 SMP Negeri 262 Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2018-2019 yang berjumlah 12 siswa. Metode penelitian adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Peneliti menggunakan instrumen angket dan pedoman observasi. Hasil penelitian: 1. Pada Siklus pertama, jumlah siswa memiliki motivasi belajar sedang yaitu 5 siswa atau 41,7 %, 5 siswa memiliki motivasi belajar rendah atau 41,7 %, dan 2 siswa memiliki motivasi belajar sangat rendah atau 16,6 persen. Dan 100 % siswa masih memiliki skor motivasi belajar di bawah 70%. 2. Pada siklus kedua, jumlah siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi yaitu 2 siswa atau 16,67 %, dan 10 siswa memiliki kategori motivasi belajar tinggi atau 83,33 % dan 100 persen siswa memiliki skor motivasi belajar di atas 70% yaitu dengan kategori tinggi. 3. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok pada Siswa Kelas 9 Melalui Bimbingan Kelompok Di SMP Negeri 262 Jakarta Timur dapat mengefektifkan motivasi belajar menjadi semakin baik
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Hamalik, Oemar. (2017). Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Prayitno. (2018). Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung. Padang: FIP UNP.
Sardiman, A. M. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.
Sukardi, Dewa Ketut. (2017). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Uno, Hamzah B. (2017). Teori motivasi dan Pengukurannya. Edisi Pertama. Cet. Ke-8. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W. S. (2018). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.6709
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).