PENGARUH KARTU JAKARTA PINTAR (KJP) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XII DI SMK DHARMA PUTRA 1 JAKARTA

Nia Mala Sari(1), Chientya Annisa Rahman Putrie(2*), Nurhayati Nurhayati(3)

(1) STKIP Panca Sakti
(2) STKIP Panca Sakti
(3) STKIP Panca Sakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kartu jakarta pintar terhadap motivasi belajar siswa di SMK Dharma Putra 1 Jakarta. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i SMK Dharma Putra 1 Jakarta sebanyak 109, Sampel dalam penelitian ini ialah siswa penerima bantuan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dari kelas XII yang berjumlah sebanyak 86 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hipotesis yang diajukan “Terdapat Pengaruh Kartu Jakarta Pintar (KJP) terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Dharma Putra 1 Jakarta”. Hasil Penelitian menunjukan adanya pengaruh kartu jakarta pintar terhadap motivasi belajar siswa di SMK Dharma Putra 1 Jakarta. Penelitian ini menunjukan bahwa dengan Kartu Jakarta Pintar (KJP) dapat memenuhi dasar pendidikan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. dengan KJP ini  untuk siswa agar meningkatkan prestasi belajar, kepada pihak sekolah agar membuat program peningkatan motivasi belajar dan untuk Provinsi DKI Jakarta agar lebih dapat memonitoring dan mengevaluasi sekolah-sekolah yang mendapatkan program bantuan ini.

Keywords


Program; Kartu Jakarta Pintar; KJP; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abin, Syamsudin. (2001). Psikologi Kependidikan. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Dimyati dan Mudjiono. (1994). Balajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Djamarah, Syaiful Basri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Hadi, Sutrisno. (1998). Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM.

Hamalik, Oemar. (2003). Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pemerintahan Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia. Sekretariat Negara.

Pemerintahan Indonesia. (2018). Peraturan Gubernur KJP No. 4 Tahun 2018 tentang Kartu Jakarta Pintar. Sekretariat Negara.

Sardiman, A.M. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta Grafindo Persada.

Soemanto, Wasty. (2003). Psikologi Pendidikan. Malang: Rineka Cipta.

Uno, Hamzah B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v1i1.6439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).