PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI DI UNINDRA

Elin Karlina
Fadli Rasam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran team teaching dalam upaya meningkatkan hasil belajar mata kuliah matematika ekonomi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Metode yang akan digunakan adalah dengan eksperimen. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester satu, dimana mereka masih peralihan masa dari tingkat SMA/SMK/MA/sederajat ke jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan dua kelas untuk penelitian sebanyak 77 mahasiswa, kelas A sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan metode team teaching, dari kedua metode yang digunakan, peneliti akan melihat dan membandingkan hasil belajar mahasiswa/i. Berdasarkan penelitian dan perhitungan SPSS diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) kedua data normal dan homogen, (2) terdapat perbedaan antara mahasiswa/i yang pembelajaraanya menggunakan metode team teaching dengan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukan bahwa, mahasiswa/i yang kegiatan pembelajarannya menggunakan metode team teaching dapat meningkatkan hasil belajar pada mata kuliah matematika ekonomi.

Keywords


Team Teaching; Hasil Belajar; Matematika Ekonomi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Dimyati dan Mudjiono. (2014). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Engkoswara. (2003). Dasar-Dasar Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bina Aksara.

Ismail, Fajri. (2014). Evaluasi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Jamal Ma'mur Asmani. (2010). Pengenalan Dan Pelaksanaan Lengkap Micro Teaching &Team Teaching. Yogyakarta : Diva Press.

Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Nasih, Ahmad Munjin dan Lilik Nur Kholidah. (2013). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Refika Aditama.

Ramayulis. (2005). Metodologi Penddikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Saputra, S., & Prasetyono, H. (2020). The Effect Of Science Approach To The Activity Of Learning Students In Smpn 25 Tangerang City. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 4(1), 20-30. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7910

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sukardi, Ismail. (2013). Model-Model Pembelajaran Modern; Bekal Untuk Guru Profesional. Palembang: Tunas Gemilang press.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progesif. Jakarta: Kencana.

Pupuh Faturrohman & Sobry M. S. (2010). Strategi Belajar Mengajar melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama

Yunita, Inti. (2016). Penerapan Metode Mengajar Beregu (Team Teaching) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran SKI di MI Muhammadiyah Ulak Lebar Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU. Jurnal Ilmiah PGMI Volume 2, Nomor 1, Januari 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6258

Article metrics

Abstract views : 52 | Full Text views : 62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).