EFEKTIVITAS MEDIA KOMPUTERISASI DAN PERSEPSI SISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI (SURVEI PADA SMK SWASTA DI JAKARTA PUSAT)

Anita Ria
Didi Zainuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komputerisasi dan persepsi siswa pada pelajaran akuntansi dalam meningkatkan prestasi belajar pelajaran akuntansi di SMK Swasta yang ada di Jakarta Pusat. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif survey dengan teknik korelasional. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa koefisien korelasi ganda pengaruh variabel X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap variabel Y adalah sebesar 0,680. Maka berdasarkan nilai r hitung korelasi tersebut memiliki hubungan keberpengaruhan dalam kategori Kuat. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 46,20% dengan Persamaan regresi Y ?  = 33,149 + 0,143 X1 + 0,248 X2. Sedangkan nilai koefisien regresi sebesar 0,248 dan 0,143 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel bebas X1 (Penggunaan Media Komputerisasi) dan X2 (Persepsi Siswa) secara bersama-sama terhadap variabel terikat Y (Prestasi Belajar mata pelajaran Akuntansi).

Keywords


Penggunaan Media Komputerisasi; Persepsi Siswa; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Agung, I Gusti Ngurah. (2004). Statistika Penerapan Model Analisis untuk Tabulasi Sempurna dan Tidak Sempurna dengan SPSS. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Agung, I Gusti Ngurah. (2004). Statistika Penerapan Model Analisis untuk Tabulasi Sempurna dan Tidak Sempurna dengan SPSS). Jakarta : Raja Grafindo Persada.

BSNP Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus. Jakarta.

Damayanti, M. Ria, A. & Zainuddin, D. (2018). Pengaruh Pelatihan Sertifikasi Zahir Accounting terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Prosiding LPPM Unindra 2018

Dendy, Sugono, (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia

Djali dan Pudji Mujiono. (2008). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan, Jakarta: Grasindo.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim, A. Suparman. (2014). Aplikasi Komputer Dalam Menyusun Karya Ilmiah. Tangerang: Pustaka Mandiri

Irwanto. (1994). Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jalaluddin, Rakhmat. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. (2008). Evalusasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo.

Muslich, Masnur. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.

Muchith, Saekhan. (2008). Pembelajaran Kontekstual. Semarang:RASAIL Media Group.

Robbins, Stephen P. Terj. Yusuf Udaya. (2004). Teori Organisasi, Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta : Arcan.

Slameto. (2002). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Raneka Cipta.

Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. (2004). Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2004). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabetha.

_______. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Tirtaraharja, Umar dan S. L. La Sulo. (2008). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahana Komputer. (2010). Mengolah Data Hasil Penelitian dengan SPSS 17. Semarang: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6254

Article metrics

Abstract views : 37 | Full Text views : 27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).