COMMUNICATION DAN COLLABORATION SEBAGAI IMPLEMENTASI 4 C DALAM KURIKULUM 2013 DI PONDOK PESANTREN EL ALAMIA BOGOR

Priyono Priyono(1*), Junita Yosephine Sinurat(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi dan kolaborasi sebagai bentuk implementasi dari kurikulum 2013 di Pondok Pesantren El Alamia Bogor. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pemilihan informan didasarkan pada uniqness of the case (keunikan kasus). Kriteria pemilihan informan didasarkan pada seberapa lama informan berada di Pondok pesantren El Alamia, Bogor. Dalam penelitian kualitatif, data utama diperoleh dari peneliti sendiri yang secara langsung mengumpulkan informasi yang didapat dari subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan secara intensif lewat wawancara dengan informan, serta penelaahan melalui literatur. Dari hasil penelitian, peneliti dapat menyimpulkan bahwa komunikasi yang dilaksanakan di Pondok Pesantren El Alamia Bogor sudah sesuai tujuan 4 C dalam kurikulum 2013 dengan berbagai perbaikan yang perlu dilaksanakan di Pondok Pesantren El Alamia. Kemampuan kolaborasi atau kerja sama juga sudah sesuai kurikulum 2013. Santri memiliki kemampuan untuk menghargai dan menghormati perbedaan pendapat serta mampu memadukan perbedaan demi mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini juga memberikan kesempatan kepada santri untuk evaluasi diri dan teman, saling mendeteksi kekurangan sehingga dapat menemukan solusi untuk memperbaiki diri.


Keywords


4C; communication; collaboration

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Brown, B. (2015). Twenty First Century Skills: A Bermuda College. Twenty First Century Skil, 58-64

Kivunja, C. (2014). Innovative pedagogies in higher education to become effective teachers of 21st century skills: unpacking the learning and innovations skills domain of the new learning paradigm. International Journal of Higher Education, 3(4), 37.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1-5

National Education Association. (2010). Preparing 21st century students for a global society: An educators guide to the “Four Cs”. Retrieved September 16, 2018, from National Education Association: http://www.nea.org/assets/docs/A-Guide-to-Four-Cs.pdf

Osman, K., Hiong, L. C., & Vebrianto, R. (2013). 21st century biology: an nterdisciplinary approach of biology, technology, engineering

Pacific Policy Research Center. (2010). 21st Century Skills for Students and Teachers. Honolulu: Kamehameha Schools, Research & Evaluation Division

Partnership for 21st Century Learning. (2015). P21 Framework Definition. Retrieved September 15, 2018, from http://www.p21.org/our-work/p21- framework/P21_Framework_Definitions_New_Logo-2015.pdf

Prihadi, E. (2018). Pengembangan Keterampilan 4c Melalui Metode Poster Comment Pada Mata Pelajaran PAI Dan Budi Pekerti (Penelitian di SMA Negeri 26 Bandung). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, 2(1).

Sendjaja, S. D., Rahardjo, T., Pradekso, T., & Sunarwinadi, I. R. (2014). Teori komunikasi.

Sunardi, S., Kurniati, D., Sugiarti, T., Yudianto, E., &

Nurmaharani, R. (2017). Pengembangan Indikator 4c's yang Selaras dengan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Matematika SMA/MA Kelas X Semester 1.

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In 2nd Science Education National Conference (pp. 1-18).




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).