Analysis Training Needs Assesment dalam Meningkatkan Keprofesian Guru (Studi Kasus di SMK PGRI 28 Jakarta)
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan SDM yang berdaya saing dan bernilai jual karena melalui pendidikan itulah sebagai manusia mendapat pengajaran, ketahanan mental serta penerapan moral dan akhlak sehingga tercipta manusia sebagai tenaga kerja yang bermutu, siap pakai dan berdaya saing. Tenaga kerja terampil dibutuhkan untuk membimbing dan membina para generasi muda untuk menjadi seorang yang kompeten pula. Sebagai contoh guru dimana ketrampilannya dalam mengajar serta mendidik siswa dengan berbagi metode sehingga mampu menelurkan generasi/bibit unggul yang siap bersaing. Keprofesian guru yang cukup penting dalam menghasilkan bakat dan generasi unggul untuk pembangunan nasional nantinya rasanya patut diapresiasi terlebih lagi softskill yang dimiliki para guru harus ditingkatkan, untuk itu pemerintah telah memfasilitasi kebutuhan pengembangan keprofesionalan guru dalam pelaksanaannya melibatkan sekolah. Ini berarti bahwa semakin banyak pengalaman mengajar, guru dituntut semakin tinggi tingkat kompetensi mengajarnya. Kebutuhan akan softskill juga haruslah dimiliki oleh para guru dalam melakukan pengajaran khususnya bagi siswa SMK dimana sudah dinyatakan siap pakai dan bersaing di dunia industri. Contoh kasus SMK PGRI 28 sendiri karena apabila menginginkan siswa yang memiliki softskill, maka guru pun juga layaknya menguasai ilmu “soft skill” tersebut. Sehingga dapat tercipta timbal balik yang efektif dan siswa memiliki bekal yang cukup saat lulus nantinya.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abdunawi, A. (2012). The Value and Development of Softskill : The Case of Oman. International Journal of Information Technology and Bussines Management, 87-88.
Anita Kristina. (2013). Model Training Needs Analysis Untuk Membentuk Perilaku Inovatif SDM Industri Kecil Sepatu Di Jawa Timur Pamator, Volume 6, Nomor 1.
Endang & Elisabeth. (2015). Perilaku dan Softskill Kesehatan. Jakarta: Pustaka Baru Press.
Https://money.kompas.com/read/2019/11/05/155358926/bps-pengangguran-meningkat-lulusan-smk-mendominasi diakses tanggal 10 Maret 2020
Isthofaina Astuti. (2010). Evaluasi Program Pelatihan Soft Skill Mahasiswa: Pendekatan Experimental Vol.1, No.2.
J. Mahasneh, W. (2015). Rethinking Construction Curriculum: A Descrptive Cause Analysis For Soft skills Gap. Asc Annual International Conference Proceeding, (pp. 1-8).
Klaus, P. (2008). The hard truth about soft skills, workplace lessons smart people wish they’d learned sooner. Collins, February 1, 2008, Paperback. HarperCollins e- books
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Peterson, Robyn. (1998). Training Needs Assessment, 2nd ed., Kogan Page practical trainer series, Kogan Page Limited, London.
Riani, A. L. (2013). Manajemen Sumber Daya Insani Masa Kini. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudaryono. (2012). Dasar-dasar Evauasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Syamsul Bachri Thalib. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif, Jakarta: Prenada Kencana Group.
Tilaar, H.A.R. (2002). Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Usman, M.U. (2006). Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Wikipedia. (2010). Sekolah. http://id.wikipedia.org/wiki/Sekolah
Yamin, M. (2007). Profesional Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i2.6155
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).