EVALUASI PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) PADA SDN PASCA PENGHAPUSAN UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT)

Endang Iryani

Abstract


Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan pola penerapan pendidikan yang melibatkan segala unsur guna mencapai pendidikan yang ideal. MBS dicita-citakan oleh pemerintah menjadi suatu konsep yang mampu menjadikan pendidikan lebih baik. UPT adalah salah satu unit yang mengawasi pola penerapan MBS ditingkat Sekolah Dasar (SD), juga menjadi jembatan antara sekolah dan dinas pendidikan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa sejauhamana penerapan MBS pada SDN di kabupaten Tangerang pasca penghapusan UPT, dengan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenalogi, memotret penerapan MBS tersebut. hasil dari penelitian ini adalah ternyata penerapan MBS pada SDN di kabupaten Tangerang berjalan dengan baik. Dari hasil pengolahan data menunjukan bahwa dari lima variable skor yang didapat adalah 25.984 yang artinya penerapan MBS berjalan baik walaupun UPT telah dihilangkan. Sehingga penelitian ini bisa disimpulkan bahwa MBS telah berjalan baik pada SDN di kabupaten Tangerang walaupun UPT telah dihapus yang awalnya berperan sebagai jembatan antara sekolah dan dinas. Juga, keputusan pemerintah dalam penghapusan UPT bisa dikatakan tidak mempengaruhi peran sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan menjadi lebih baik ditingkat Sekolah Dasar

Keywords


Manajemen Berbasis Sekolah; MBS; Pendidikan; Sekolah Dasar; SD

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arinda Firdianti. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Lampung: CV. GRE

Publishing. Arinda Firdianti. (2018). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Lampung: CV. GRE Publishing.

Engkoswara dan Aan Komariah. (2015) . Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Mistrianingsih, S., Imron, A., & Nurabadi, A. (2016). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 25, Nomor 1. Hlm. 20-26.

Pratiwi, S. N. (2016). Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, Vol. 2 No. 1 Hlm. 86-96.

Satori, Djam’an. (2016). Pengawasan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i2.5901

Article metrics

Abstract views : 44 | Full Text views : 38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).