PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH KALKULUS

Ayi Ahmad Maulana Yusup
Ani Interdiana Candra Sari

Abstract


Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching untuk Menaikkan nilai Mata Kuliah Kalkulus. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran peer teaching dalam upaya meningkatkan hasil belajar Kalkulus Mahasiswa Program Studi Teknik industri Universitas Indraprasta PGRI. Metode yang akan digunakan adalah dengan eksperimen. Peneliti akan menggunakan dua kelas sebanyak 73 mahasiswa, kelas F sebagai kelas kontrol dengan metode ceramah dan kelas G sebagai kelas eksperimen melalui model pembelajaran tutor sebaya, dari kedua metode yang digunakan peneliti akan melihat dan membandingkan hasil belajar mahasiswa/i. Berdasarkan penelitian dan perhitungan SPSS diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) kedua data normal dan homogen, (2) terdapat perbedaan dalam penerapan model pembelajaran peer teaching dengan metode ceramah yang disampaikan kepada mahasiswa/i. Hasil belajar mahasiswa/i yang menggunakan metode peer teaching lebih tinggi secara signifikan dari pada mahasiswa/i yang menggunakan metode ceramah pada pembelajaran kalkulus.


Keywords


Metode Peer Teaching; Metode Ceramah; Hasil Belajar Kalkulus

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi. A., Prastya, J. T. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Airasian, Peter W., dkk. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Terjemahan A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan Ketujuh. Jakarta: Bumi Aksara.

Dhini Kurnia, Rizka. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa dan Peningkatan Mutu Lulusan Alumni Fasilkom Unsri Berbasis E-Learning (studi kasus: matakuliah pemrograman web). Jurnal Sistem Informasi (JSI), VOL. 6, NO. 1.

Dianawati Henny. (2015). Pengruh Penerapan Metode Peer Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Negeri Giring Ikecamatan Manding Kabupaten Sumenep.

Djamarah, S. B. (2008). Strategi belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. & Aswan Z. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdayana, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hayati, Isra. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Peningkatan Aspek Afektif Mahasiswa pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 2, No. 2, 2017 ISSN: 2527 - 6344 (Print) ISSN: 2580 - 5800 (Online).

Kalsum Nasution, Mardiah. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No. 1, 2017; ISSN 1978-8169.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Makarao, N. R. (2009). Metode Mengajar dalam Bidang Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY PRESS.

Nugria Bunga, Destri. (2016). Minat Mahasiswa Tentang Penerapan Metode Diskusi Dalam Proses Pembelajaran pada Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Office, Vol. 2 No 2, 2016.

Nuki Hastuti, Dena. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis Kelas X Multimedia 1 di SMK N 1 Godean. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Ratna Dewi, Erni. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran Volume 2 Nomor 1 April 2018 hal 44-52 e-ISSN: 2549-9114 dan p-ISSN: 2549-9203.

S. E. Noersasongko and Y. T. C. Pramudi. (2009). "Jurnal Penyesuaian Dengan Modus Pembelajaran Untuk Siswa SMK kelas X," Jurnal Teknologi Informasi, vol. 5, pp. 741-756.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Education Perspective (Teori-teori Pembelajaran:Perspektif Pendidikan Edisi Keenam). Diterjemahkan oleh: Eva Hamdiah, Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siregar, E. & Hartini N. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

________. (2005). Metode & Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

________. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

________. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV. Medya Duta.

Yunita, Inti. (2016). Penerapan Metode Mengajar Beregu (Team Teaching) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran SKI di MI Muhammadiyah Ulak Lebar Kecamatan Ulu Ogan Kabupaten OKU. Jurnal Ilmiah PGMI Volume 2, Nomor 1, Januari 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i2.5457

Article metrics

Abstract views : 66 | Full Text views : 102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).