ANALISA CAPAIAN BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI KOMPETENSI GURU KELAS

Endang Iryani(1*)

(1) Universitas MH Thamrin
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena manajemen tentang guru kelas di sekolah dasar (SD/MI) yang mengajar semua mata pelajaran masih terjadi di Indonsia, salah satunya adalah di Tangerang Selatan. Guru mengajar mata pelajaran diluar kompetensi profesionalnya seperti mata pelajaran Bahasa Inggris diampu oleh guru yang bukan sarjana Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan kemampuan guru kelas dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris di MI Mifathul Huda Cipayung. Hipotesis yang diuji adalah: (1) korelasi positif antara kompetensi guru kelas dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris; (2) tidak terdapat korelasi kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel berjumlah 43 guru dari populasi. Hasil penelitian menunjukkan: kontribusi kompetensi guru kelas berhubungan positif secara signifikan pada prestasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi positif antara kompetensi guru terjadi secara tidak langsung melalui prestasi belajar siswa.

Keywords


kompetensi guru; prestasi; Bahasa Inggris

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenada Media.

Cut Fitriani, Murniati AR dan Nasir Usman (2017). Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran di MTS Muhammadiyah Banda Aceh. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Vol. 5 no. 2 Halm 88-95

Indah Susilowati, Himawan Arif Sutanto dan, Reni Daharti (2013) Strategi Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pendekatan Analysis Hierarchy Process. Journal of Economics and Policy, Volumen 6 no. 1 Hlm. 80-92

Sjafty Nursitti Maili dan Woro Hestiningsih (2016) Masalah-Masalah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Media Penelitian Pendidikan. Vol. 11 no. 2 hal. 54-62

Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Deepublish. H. 131

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualtitatif, Kuantitatif dan Research And Development, Jakarta: Penerbit Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i1.5021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).