MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI MELALUI METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA DI KELAS XII-IPS 1 SMAN 5 BEKASI PADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ida Surtikanti

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan Hasil Belajar Geografi Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping  Pada Siswa di Kelas XII-IPS 1  SMAN 5 Bekasi Pada Tahun Pelajaran 2018/2019.  Peneliti menggunakan teknik dan alat pengumpul data yaitu  yaitu rubrik dan uraian. Disamping itu, peneliti juga akan menggunakan lembar observasi. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Teknik analisis data menggunakan  data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian yaitu 1. Pada pelaksanaan siklus  1,  siswa yang mendapatkan  nilai hasil belajar geografi di atas 75 berjumlah 34 siswa yang artinya yang tidak sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan yaitu berjumlah 87,17 % dan siswa yang mendapatkan nilai geografi di atas 75 yaitu berjumlah 5 siswa yaitu berjumlah 12,83 %.   Oleh karena itu, siklus 2 harus diadakan. 2. Pada pelaksanaan siklus 2, siswa yang mendapatkan  nilai hasil belajar geografi di atas 75 berjumlah 39   siswa yang artinya  sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan yaitu berjumlah 100 % dan siswa yang mendapatkan nilai geografi di atas 75 yaitu berjumlah 100 % atau 39   siswa. 3.           Berdasarkan penjelasan di atas,  penggunaan Metode Pembelajaran Mind Mapping  dapat  Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa di Kelas XII-IPS 1  SMAN 5 Bekasi Pada Tahun Pelajaran 2018/2019.

Keywords


hasil belajar geografi; metode pembelajaran; mind mapping

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afandi, Widyo. (2011). Epistimologi Geografi. Yogyakarta Gajah Mada Press

Arsyad, Azhar. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Angkowo R. dan A. Kosasih. (2017). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta PT. Grasindo.

Agus Supriyono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Buzan, Tony. (2007). Buku Pintar Mind Map. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Donaldson, Thomas dan Lee E. Preston. (2012). The Stakeholder Theory of The Corporation : Concepts, Evidence, and Implications. The Academy of Management Review, Vol.20, No. 1, pp. 65-91.

Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar.Bumi Aksara. Jakarta.

Hartshorne, R. (2014). Perspective on the nature of geography. Chicago: RendMcNally & Company.

Https://docplayer.info/29881218-Geografi-a-pengertian-dan-ruang-lingkup-ilmu-geografi.html.

Lounsbury, Floyd G. (2015). Linguistics and Psychology”. Dalam Joshua A. Fishman (ed.). Reading in The Sociology of Language. The Huge-Paris: Mouton.

Nursid Sumaatmadja. (2018). Studi Geografi Suatu Pendekatan dan Analisa Keruangan. Alumni. Bandung.

Olivia, Femi. (2014). 5-7 Menit Asik Mind Mapping Kreatif. Jakarta : PT.Gramedia.

Sudjana, N. (2014). Dasar -dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinarbaru

Swadarma, Doni. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Gramedia. Jakarta.

Sumadi, (2013). Diklat Geografi Regional Indonesia. Pendidikan Geografi Jurusan IPS. FKIP. UNILA. Bandar Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i1.5019

Article metrics

Abstract views : 81 | Full Text views : 50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).