PENERAPAN MODEL COOPERATIF LEARNING TYPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN KWITANG 01 PAGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019
(1) Universitas Muhammadiyah Jakarta, Fakultas Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dilakukan penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran kooperatiftipe Team Assisted Individualization (TAI). Pokok bahasan yang diambil untuk bahan penelitian adalah operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN KWITANG 01 Pagi Jakarta Pusat 2018/2019, dengan jumlah siswa 32 anak. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus.Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan Langkah-langkah setiap siklus terdiri atas: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi dan (3) refleksi dan tidak lanjut. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar kerja, observasi dan tes. Berdasarkan data yang diperoleh, dari hasil test setiap akhir pembelajaran, siklus 1 pertemuan 1 nilai rata-rata kelas 79, Siklus 1 pertemuan 2 sebesar 85 Siklus 2 pertemuan 1 sebesar 86 Siklus 2 pertemuan 2 89. Ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan KKM 72 siswa yang tuntas dalam belajar tiap siklusnya sebagai berikut siklus 1 pertemuan 1 53%, siklus 1 pertemuan 2 81% siklus 2 pertemuan 1 88% dan siklus 2 pertemuan 2 91% Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa hasil belajar matematika dalam pokok operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran Kooperatiftipe Team Assisted Individualization (TAI).
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Apeni Asri. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Kimia Pokok Bahasan Hidrokarbon SMAN 2 Tambang Kecamatan Tambang kabupaten Kampar. Skripsi. UIN-SUSKA: RIAU.
Bahrudin & Esa Nur. W. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Bukaningrum Tiliyanti. (2007). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization ( TAI) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX B SMP Negeri I Adiwerna Kabupaten Tegal dalam Pokok Bahasan Pangkat Tak Sebenarnya. Sripsi. UNNES: Semarang.
Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga.
Dimiyati & Mudjiono. (2012). Belajar Dan Pembelajaran Jakarta: Bineka Cipta.
Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. (2012). Cooperative Learning; Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurhayati, Siti. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualization (TAI)Pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Jakarta. Sripsi. UHAMKA: Jakarta.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Shomin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Slavi, Robert E. (2005). Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Warsono, M. S. & Haryanto, M. S. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i1.4766
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).