PENGARUH POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK TEKNINDO JAYA DEPOK

Mohammad Ramadona(1), Anita Riskia Anjani(2*), Ria Putriani(3)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Keluarga merupakan sarana pendidikan yang sangat penting bagi pembentukan karakter anak. Untuk itu, pola asuh dan pola pendidikan sangat menentukan dalam menciptakan karakteristik anak yang baik bagi masyarakat di masa depan, dan hal ini dimulai dari kedisiplinan anak dalam menata hidupnya. Berangkat dari pentingnya hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengukur apakah ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan peserta didik di SMK Teknindo Jaya Depok. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan studi literatur dengan variabel yang diteliti adalah variabel X (Pola Asuuh Orang Tua) dan variabel Y (Kedisiplinan). Hasil penelitian yang dilakukan membuktikan hipotesis Ha bahwa ada pengaruh yang positif antara pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan peserta didik kelas X di SMK Teknindo Jaya dengan konstanta regresi  (a) sebesar 12,4 dan koefisien regresi (b) sebesar 1,14 dengan rumus Y= 12,4 + 1,14X. Koefisien korelasi menunjukkan hasil sebesar 87% dan koefisien determinasi sebesar 75% dengan hasil hipotesis uji t-hitung > t-tabel yaitu sebesar 17,016 > 1,9858. Artinya, ada hubungan dan keterikatan serta saling memengaruhi antara pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa.


Keywords


Keluarga; Pola Asuh; Kedisiplinan; Pendidikan

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arifin, A. A., & Ummah, D. M. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Tunggal Dalam Keluarga Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(1), 52. https://doi.org/10.31100/jurkam.v2i1.93

Danim, S. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik (6 ed., Vol. 1). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.

Garmo, J. (2013). Pengembangan Karakter Untuk Anak: Panduan Pendidik. Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia: Kesaint Blanc.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik Dalam Keluarga (1 ed., Vol. 4). Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Kencana.

Martono, N. (2014). Sosiologi Pendidikan Michel Foucault. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi, S., Basuki, A. M., & Rahardjo, W. (2016). Psikologi Pendidikan: Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: PT Raja Grafindo Persada.

Shochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri (Revisi ed., Vol. 2). Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Rineka Cipta.

Silalahi, K. (2010). Psikologi Keluarga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung, Jawa Barat, Indonesia: Alfabeta.

Tu'u, T. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Grasindo.

Werang, B. R. (2015). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v6i2.4531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).