ANALISIS PENGARUH EDUPRENEURSHIP DAN MENTORING TERHADAP PENINGKATAN DAYA SAING LULUSAN PERGURUAN TINGGI

Wiriadi Sutrisno(1*), Suwiryo Cokro(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa Pemerintah melalui UU SPN No.20 Tahun 2003 telah mengatur bahwa  pendidikan nasional  merupakan  upaya perhatian untuk mengembangkan individu agar mampu membangun self potency mereka melalui proses pembelajaran. Upaya  ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing para lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia, khususnya dalam menghadapi persaingan  di pasar global, khususnya dalam MEA.  Edupreneurship dan Mentoring merupakan salah satu cara untuk membekali para lulusan memiliki daya saing yang tinggi dengan meningkatkan self potency, baik berupa inovasi, keatifitas dan jiwa kewirausahaan, khususnya dibidang pendidikan. Dengan memiliki jiwa edupreneurship yang dilatih para mentor yang professional, para lulusan perguruan tinggi kelak akan menjadi sang pencipta pekerjaan (job creator) dan bukan menjadi pencari kerja (job seeker). Lebih dari itu para lulusan perguruan tinggi yang memiliki edupreneurship  akan sangat membantu program pemerintah dalam mengurangi pengangguran terbuka. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap lulusan STIE PBM,  menunjukkan bahwa:1) Secara parsial  edupreneurship  berpengaruh  positif   terhadap peningkatan daya saing lulusan STIE PBM Jakarta, 2) Secara parsial juga  mentoring  berpengaruh  positif terhadap peningkatan daya saing lulusan STIE PBM Jakarta dan 3) Secara simultan, edupreneruship dan mentoring  berpengaruh positif terhadap peningkatan daya saing lulsan STIE PBM, Jakarta.


Keywords


Edupenership; Mentoring; Potensi diri; Daya Saing; Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adam, N. (2006). Regional Development and Spatial Planning in an Enlarge European Union, Aldershot: Ashgate.

Ahmad, Sabri. (2007). Strategi Belajar Mengajar Mikro Teaching, Quantum. Teaching, Ciputat.

Alam, Hermansyah. (2016). Angka-pengangguran-terdidik-meningkat, Institut Teknologi Medan (ITM) Jalan Gedung Arca Medan, http://beritasore.com/2016/06/27/diakses27 Juni 2017

Augusty, Ferdinand, (2006), Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian, untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Badan Pusat Statistik. (2011). Pengangguran terbuka menurut pendidikantertinggi yang ditamat kan, Sumber: Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS)

BPPN. (2014). Peringkat Indikator, SJR, Scimago Journal & Country Rank

BPS. (2016). Perkembangangan Pengangguran Terdidik Di Indonesia Tahun 2016

Cokro, Suwiryo. (2017). Pengaruh Edupreneurship dan Mentoring terhadap Peningkatan Daya Saing Lulusan STIE PBM, Jakarta (Tesis), Jakarta

Crawford, Muchael. (2010). A Fifth Discipline Resource: A Practicioner’s Guide Using Team Learning within Mentoring Program. The Union Institute and University Graduate College. Cincinnati, Ohio.

Departemen Pendidikan Nasional melalui Surrat Keputusan Menteri Pendidikan No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa

Fadhilah. (2011). Pendidikan Entrepreneurship Berbasis islam dan Kearifan Lokal, Jakarta:DIadit Media Press, 2011, hal. 75.

Gurino Prasetyo. (2014). Mentoring Program Implementation In Forming Character Of Student At SMA N 5 Yogyakarta, an Academic Journal.

Imam M dkk (2008), Peningkatan Daya Saing Lulusan Universitas Terbuka (UT) Melalui Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PPTJJ) yang BerkualitasInternasionalSurabaya.http://utsurabaya.files.wordpress com/2010/07/daya-saing-lulusan-ut.pdf, diakses Juli 2017.

Lips, Carrie. (2000). Edupreneurs: A Survey of For-profit Education. Cato Institute

Muhardi. (2007). Strategi Operasi Untuk Keunggulan Bersaing. Yogyakarta:Garaha Pustaka.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan

PP 30 Tahun 1990, tentang Tujuan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia

Permendikbud No. 54/2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT)

Permendikbud Republik Indonesia No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualiikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi

Permendiknas No 41 tahun 2007, tentang Standar Proses Utuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah

Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Siti Munjilatul, Hasana. (2012). Peluang Dan Daya Saing Lususan Pendidikan Ekonoomi Universitas Negeri Yogyakarta di Paasar Tenaga Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) Guru SMA Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta . thesis, Negeri Yogyakarta.

Sutrisno, Wiriadi. (2017). Edupreneurship Sebagai Pemerkaya Kometensi Untuk Memperkuat Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia, Proceeding, LP2M Universitas Indraprasta, Jakarta, ISBN: 978.603.50181.0.7.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (USPN) No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).