PERAN KREATIVITAS GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMK DI JAKARTA SELATAN

Fadli Rasam(1*), Ani Interdiana Candra Sari(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah ingin memperoleh jawaban secara empirik pengaruh (1) kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik secara simultan, (2) kreativitas guru dalam penggunaan media belajar terhadap prestasi belajar peserta didik secara partial, (3) minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik secara partial. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Jakarta Selatan dengan responden 160 peserta didik. Metode yang digunakan adalah survei dengan pendekatan analisis regresi linear ganda. Berdasarkan penelitian dan perhitungan SPSS diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik secara simultan. (2) Terdapat pengaruh kreativitas guru dalam penggunaan media belajar terhadap prestasi belajar peserta didik secara partial (hal ini menandakan bahwa semakin kreatif dan bervariasi media yang digunakan guru dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan semangat dan prestasi belajar peserta didik). (3) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar secara partial (hal ini menandakan bahwa semakin baik minat yang dimiliki peserta didik dalam pembelajaran terbukti akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik). Kepiawaian guru dalam mengelola media belajar akan membuat peserta didik semangat dan timbul minat dalam diri mereka untuk aktif dalam proses pembelajaran sehingga akan mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Kreativitas guru akan membantu dalam penyampaian materi pelajaran kepada siswa sehingga mereka merasa tertantang, menarik dan tidak jenuh. Kreativitas guru yang baik menyebabkan pembelajaran menyenangkan bagi siswa.

Keywords


Kreativitas guru; media belajar; minat belajar; prestasi belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anna Craft. (2004). me-Refresh Imajinasi & Kreativitas Anak-Anak. Depok: Cerdas Pustaka.

Chandra Putri Tirtiana. (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar, Pengunaan Media Pembelajaran Power Point, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akt SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013 (Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening). Econpmic Educational Analysis Journal 2(2) 2013.

Effendy, Onong Uchjana. (2007). Ilmu Komunikasi (teori dan Praktek). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Mandar Maju.

Hardywinoto & Setiabudhi, T. (2007). Panduan Gerontologi. Jakarta: Pustaka Utama.

heritl.blogspot.com/2007/12/belajar-danmotivasinya

Rusman. 2008. Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. http://style-lecture. blogspot.com/2012/09/pembelajaran-kooperatif-model-jigsaw.html

Ibrahim, H., Sihkabuden, Suprijanta, & Kustiawan, U. (2001). Media pembelajaran: Bahan sajian program pendidikan akta mengajar. FIP. UM.

Keke T. Aritonang. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur No. 10 Tahun ke-7 Juni 2008.

Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2007). Evaluasi Hasil Belajar.Jakarta: Pustaka Pelajar

Reni Akbar-Hawadi. (2001). Buku Dua dari Tiga Kreativitas. Jakarta: Grasindo.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. (2005). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sukmadinata, Nana Syaodih, (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Syaiful Bahri Djamarah. (2000). Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Usman, Uzer. (2003). Menjadi guru profesional. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Winkel. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).