PENGARUH PERSISTENSI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP AL-QALAM

Mohamad Lutfi Nugraha(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh persistensi diri siswa terhadap pretasi belajar matematika siswa pada semester dua tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. jumlah Sampel yang diguanakan di dalam penelitian ini diambil secara sederhana (simple random sampling) dengan mengambil sampel 40 siswa. Pada angket persistensi diri siswa rata-rata tes yaitu 75,3, median 76,61, modus 68,83, simpangan baku 8,167, dan koefisien variasi 66,71 sedangkan prestasi belajar siswa rata-rata tes yaitu 69,45, median 73,5, modus 80,04 simpangan baku 12,513, dan koefisien variasi 156,59. Koefisien regresi untuk penelitian ini adalah Y = 70,78 + 0,58 X Koefisien korelasi = 0,9, koefisien determinasi 81 % dan uji keberartian regresi 231,02. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung =12,9 pada taraf signifikan ? = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 38 didapat ttabel = 1,6905 Karena thitung > ttabel atau 12,9 > 1,6905 Maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara persistensi diri siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa.


Keywords


Persistensi diri; Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Bahri Syaiful dan Zain Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dimiyati, dan Modjiono. (2006). “ Belajar dan Pembelajaran”. Jakarta : Rineka Cipta.

Peterson, C., & Seligman, M. E. P. (2004). Character strengths and virtues: A handbook and classification. Washington, DC: American Psychological Association

Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).