PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP PGRI 3 JAKARTA

Putri Lestari(1*), Adeng Hudaya(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen dengan jumlah sampel 42 peserta didik. Dalam arti yang sederhana, penelitian kuantitatif itu berkenaan terutama dengan data angka atau numerical. Berdasarkan analisis data dari pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Hal ini ditunjukan dari hasil perolehan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t yaitu diperoleh nilai thitung=3,140 lebih besar dari ttabel=2,021 dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching sebesar 77,28 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS yang menggunakan metode konvensional sebesar 66,71


Keywords


Model Quantum Teaching; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Aqib, Zainal. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

DePorter, dkk. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Djamarah, Syiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugandi, Achmad. (2008). Teori Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontamporer. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).