PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP PGRI 3 JAKARTA
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP PGRI 3 Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis metode eksperimen dengan jumlah sampel 42 peserta didik. Dalam arti yang sederhana, penelitian kuantitatif itu berkenaan terutama dengan data angka atau numerical. Berdasarkan analisis data dari pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS. Hal ini ditunjukan dari hasil perolehan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t yaitu diperoleh nilai thitung=3,140 lebih besar dari ttabel=2,021 dengan taraf signifikan 0,05. Selain itu dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS yang menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching sebesar 77,28 lebih tinggi dari pada rata-rata hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS yang menggunakan metode konvensional sebesar 66,71
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Aqib, Zainal. (2002). Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia
Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
DePorter, dkk. (2010). Quantum Teaching: Mempraktikan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Djamarah, Syiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Margono. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Riyanto, Yatim. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugandi, Achmad. (2008). Teori Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wena, Made. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontamporer. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3387
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).