PENGARUH KEPEMILIKAN HANDPHONE TERHADAP UANG SAKU PESERTA DIDIK UNTUK PEMBELIAN PULSA PAKET INTERNET DI SMK YAMAS JAKARTA
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan handphone untuk mengakses internet terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik SMK Yamas Jakarta. Selain itu juga untuk mengetahui ada/tidaknya pengaruh kepemilikan handphone terhadap uang saku peserta didik untuk pembelian pulsa paket internet di SMK Yamas Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif dan asosiatif, dengan maksud di mana metode tersebut mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena yang diselidiki dan membuktikannya dengan uji koefisien korelasi, analisis regresi, koefisien determinan dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X dan XI di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yamas Jakarta Timur dengan sampel sebanyak 53 anak peserta didik. Untuk memperoleh data yang lebih akurat, instrumen yang digunakan peneliti adalah angket/kuesioner. Kuesioner dalam penelitian ini digunakan untuk menyaring data variabel X (kepemilikan handphone) sedangkan variabel Y (uang saku peserta didik) yang didapat dari angket yang disebar pada peserta didik yang bersangkutan.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Darmawan, Deni dkk. (2006). Dasar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: UPI Press.
Daryanto dan Setyobudi, Ismanto. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.
Iqbal Hasan, Muhammad. (2003). Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensif). Jakarta: Bumi Aksara.
Kottler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Macanan Jaya Cemerlang.
Limakrisna, Nandan dan Hary Susilo, Wilhelmus. (2012). Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi dalam Bisnis). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Megawati, Yenli. (2006). Kualitas Pelayanan Terkait dengan Kepuasan Konsumen dalam Industri Jasa. Business & Management Journal Bunda Mulia, Vol. 2 No. 2, 1-11.
Miarso, Yusufhadi. (2007). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Pustekom Diknas.
Mubarok, Mufti. (2012). Memprogram Anak Jadi Pengusaha. Surabaya: MUMTAZ Media.
Mufid, Muhammad. (2005). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran. Jakarta: Prenada Media Group.
N.H., Fairus. (2005). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Ganeca Exact.
Nurudin. (2005). Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo.
Permana, Budi. (2010). Jejaring Sosial. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Shinta, Agustina. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Tirtarahardja, Umar dan Sulo, La. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Uchjana Effendy, Onong. (2004). Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Aneka Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3386
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).