PENGARUH METODE PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MA AL-MUDDATSIRIYAH KEMAYORAN JAKARTA PUSAT

Zainal Abidin
Fitriya Lusi Handayani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest yaitu memberikan tes sebelum dan sesudah perlakuan kepada 34 siswa yang dijadikan sampel didalam satu kelas. Penelitian ini juga ingin membuktikan kebenaran hipotesis yang telah diajukan, apakah metode pembelajaran Numbered Heads Together memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa MA Al-Muddatsiriyah Kemayoran Jakarta Pusat. Berdasarkan data yang telah diperoleh, hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa angka atau  pada taraf signifikan 5%. Hal ini memberikan kesimpulan bahwa  Ho ditolak dan H1diterima, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas X MIA MA Al-Muddatsiriyah Kemayoran Jakarta Pusat.


Keywords


Metode pembelajaran; numbered heads together; hasil belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Daryanto,&MuljoRahardjo. (2012). Model PembelajaranInovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda, Miftahul. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hobri. (2009). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember: FKIP, Universitas Jember.

Ibrahim, M. dkk. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lie, Anita. (2004). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya .

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U. S. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian: Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Prima Ufuk Semesta.

Swadarma, Doni (2013). Penerapan Mind Mapping Dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrukivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v5i1.3385

Article metrics

Abstract views : 52 | Full Text views : 53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Phone : (021) 87797409
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
CP RDJE : Rendika Vhalery | 081271777755


RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).