PENGARUH PERSEPSI SISWA ATAS FASILITAS DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI PADA SISWA SMAN 21 BEKASI

Elin Karlina(1*), Iswadi Iswadi(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMAN 21 Bekasi pada tahun ajaran 2017/2018 dengan tujuan untuk mengetahui 1). pengaruh yang signifikan secara bersama-sama persepsi siswa atas fasilitas dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Ekonomi pada siswa SMAN 21 Bekasi, 2). Pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas fasilitas terhadap hasil belajar Ekonomi pada siswa SMAN 21 Bekasi, 3) Pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Ekonomi pada siswa SMAN 21 Bekasi. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini siswa sebanyak 30 orang dengan menggunakan random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Adapun hasil penelitian ini adalah  1). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama persepsi siswa atas fasilitas dan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Ekonomi pada siswa SMAN 21 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018, 2). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas fasilitas terhadap hasil belajar Ekonomi pada siswa SMAN 21 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018, 3). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar Ekonomi pada siswa SMAN 21 Bekasi Tahun Pelajaran 2017/2018.


Keywords


persepsi siswa; fasilitas; kompetensi pedagogik; hasil belajar ekonomi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


A.Suhaenah Suparno. (2002). Membangun Kompetensi Belajar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, Suharsimi dan Lia Yuliana. (2008). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

B. Suryosubroto. (2004). Manejemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Bimo, Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Andi

Budimansyah, Dasim. (2003). Model Pembelajaran Ekonomi. Bandung: Genesindo.

Departemen Pendidikan Indonesia (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2002). Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas

Dimyati, Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

E. Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Edi Suparno. (2005). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Kecerdasan Emosional Guru terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri se-rayon barat Kabupaten Sragen.

Hasan, M Iqbal. (2002). Pokok-pokok Materi Statistika 1 (Statistik Deskriptif). Edisi. Kedua. Jakarta : Bumi Aksara

Kurniawan, Albert. (2014). Metode Riset Untuk Ekonomi & Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Nana Sudjana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Palan, R. (2007). Competency Management. Seri Manajemen SDM. Jakarta: PPM

Prihadi, S. (2004). Kinerja, Aspek Pengukuran. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sigit Winarno dan Sujana Ismaya. (2007). Kamus Besar Ekonomi. Bandung: Pustaka Grafika

Spencer, M. Lyle & Spencer, M. Signe. (1993). Competence at Work., Canada: John Wiley & Sons, Inc.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Susilo. (2011). Perencanaan pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya

Syaiful Sagala. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Edisi Kedua. Jakarta : Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).