PENGARUH GADGET TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Adeng Hudaya(1*)

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Globalisasi merupakan budaya yang mendunia yang dapat merubah budaya suatu bangsa mengikuti bangsa lain yang peradabannya lebih tinggi. Globalisasi terjadi dengan beragam faktor penyebabnya diantaranya adalah dengan media internet yang bisa diakses melalui gadget. Gadget adalah alat yang membuka jendela informasi, permainan, hobi, maupun hiburan  yang dapat mempengaruhi pola pikir, prilaku atau sikap peserta didik. Gadjet dapat menyebabkan siswa tidak disiplin dalam belajar dan membuat anak malas untuk belajar. Tujuan penelitian  adalah mengetahui adakah pengaruh gadget terhadap disiplin siswa,  mengetahui adakah pengaruh gadget terhadap minat belajar siswa kemudian mengetahui adakah pengaruh gadget terhadap minat belajar siswa dan disiplin siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Tidak terdapat pengaruh positif gadget terhadap disiplin. 2) tidak terdapat pengaruh positif gadget terhadap minat belajar  dan 3) tidak terdapat pengaruh linear antara variabel gadget terhadap disiplin dan  minat belajar. Hal ini juga bermakna bahwa gadget tidak mempengaruhi keduanya. 


Keywords


gadget; disiplin; minat belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Christiany Juditha. (2011). Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makasar. Jurnal Penelitian IPTEKKOM. Nomor 1, Volume 13, Halaman 1-23.

Moenir A.S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Arif Rifan dan Erfian Junianto. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya Dengan Metode TAM. Jurnal Informatika, Vol.4 No.2 September 2017, pp. 163~173. ISSN: 2355-6579 E-ISSN: 2528-2247

Manumpil, Beauty. Yudi Ismanto. Franly Onibala. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep) Volume 3. Nomor 2. April 2015.

Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Nikmah, Astin. (2010). Dampak Penggunaan Hand Phone Terhadap Prestasi Siswa. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 5: ISSN : 2337-3253.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Zanikhan. (2008). Pengertian Minat Belajar. Diakses dari http:// zanikhan.multiply. com/journal/item pada tanggal 24 Agustus 2016 pukul 08.00




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).