PENGARUH GADGET TERHADAP SIKAP DISIPLIN DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Globalisasi merupakan budaya yang mendunia yang dapat merubah budaya suatu bangsa mengikuti bangsa lain yang peradabannya lebih tinggi. Globalisasi terjadi dengan beragam faktor penyebabnya diantaranya adalah dengan media internet yang bisa diakses melalui gadget. Gadget adalah alat yang membuka jendela informasi, permainan, hobi, maupun hiburan yang dapat mempengaruhi pola pikir, prilaku atau sikap peserta didik. Gadjet dapat menyebabkan siswa tidak disiplin dalam belajar dan membuat anak malas untuk belajar. Tujuan penelitian adalah mengetahui adakah pengaruh gadget terhadap disiplin siswa, mengetahui adakah pengaruh gadget terhadap minat belajar siswa kemudian mengetahui adakah pengaruh gadget terhadap minat belajar siswa dan disiplin siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Tidak terdapat pengaruh positif gadget terhadap disiplin. 2) tidak terdapat pengaruh positif gadget terhadap minat belajar dan 3) tidak terdapat pengaruh linear antara variabel gadget terhadap disiplin dan minat belajar. Hal ini juga bermakna bahwa gadget tidak mempengaruhi keduanya.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Christiany Juditha. (2011). Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja di Kota Makasar. Jurnal Penelitian IPTEKKOM. Nomor 1, Volume 13, Halaman 1-23.
Moenir A.S. (2010). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, Arif Rifan dan Erfian Junianto. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Siswa SMK Yayasan Islam Tasikmalaya Dengan Metode TAM. Jurnal Informatika, Vol.4 No.2 September 2017, pp. 163~173. ISSN: 2355-6579 E-ISSN: 2528-2247
Manumpil, Beauty. Yudi Ismanto. Franly Onibala. (2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep) Volume 3. Nomor 2. April 2015.
Muhibbin Syah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Nikmah, Astin. (2010). Dampak Penggunaan Hand Phone Terhadap Prestasi Siswa. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 5: ISSN : 2337-3253.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel. (2009). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.
Zanikhan. (2008). Pengertian Minat Belajar. Diakses dari http:// zanikhan.multiply. com/journal/item pada tanggal 24 Agustus 2016 pukul 08.00
DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3380
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher :
Universitas Indraprasta PGRI
Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM
RDJE Stats
Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).