HUBUNGAN MOTIVASI TERHADAP KUALITAS MUTU LULUSAN SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) 1 SOLEAR TANGERANG (Study Kasus Pada Siswa Berlatar Belakang Anak Pedagang)

Endang Iryani(1*)

(1) Universitas MH Thamrin
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini pertama-tama bertujuan untuk mengetahui peranan strategi memotivasi siswa belajar dalam meningkatkan kualitas tamatan pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Solear Tangerang, dengan study kasus pada siswa yang berasal dari keluarga pedagang. Masyarakat kecamatan Solear hampir 90% berprofesi sebagai pedangang pasar, sehingga anak mereka hanya bertemu dengan orang tua mereka di saat sore hari sampai dengan pagi hari. Hipotesis yang diuji adalah : Terdapat peranan strategi memotivasi siswa belajar dalam meningkatkan kualitas tamatan pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Solear Tangerang pada siswa anak pedagang. Metode penelitian adalah kuantatif, dengan pendekatan survei. Sampel berjumlah 38 orang guru yang diperoleh melalui acak dari populasi guru pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Solear Tangerang. Data dikumpulkan dengan angket dan dianalisis dengan teknik mediasi menggunakan regresi ganda. Simpulan : 1) Nilai koefisien korelasi (R) variabel strategi memotivasi siswa belajar (X) sebesar 0.729, hal ini menunjukkan bahwa koefisien korelasi variabel strategi memotivasi siswa belajar mempunyai tingkat hubungan yang kuat, karena berada pada interval koefisien 0.60 – 0.799. Dengan demikian bahwa variabel bebas strategi memotivasi siswa belajar menunjukkan hubungan atau korelasi yang kuat dan searah dengan variabel terikat kualitas tamatan. Nilai koefisien determinasi atau R Square sebesar 0.531. Hal ini menunjukkan 53,1 % variabel kualitas tamatan (Y) ditentukan oleh faktor variabel strategi memotivasi siswa belajar (X), sedangkan sisanya 46,9 % ditentukan faktor-faktor lain. 2) Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 6.385 > ttabel 1,684, maka Ho ditolak dan Hi diterima. Atau dengan kata lain bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara strategi memotivasi siswa belajar dengan kualitas tamatan pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Solear Tangerang.

Keywords


motivasi; mutu siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Collin, Coulson, dalam Eri Krisna. (2001). Kualitas Kerja. The Dryden Press New York.

Dessler, Gary. (2003). Manajemen Personalia. Erlangga, Jakarta.

Gasperz, Vincent. (2003). Manajemen Kualitas : Penerapan Konsep-konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total, Yayasan Indonesia Emas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hadari Nawawi. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Kelima, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Kartono, Kartini. (2004). Psikologi Sosial untuk Manajemen, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mohammad As’ad. (2003). Psikologi Industri, Edisi Revisi, Yogyakarta, Liberty.

Simanjuntak, Payaman, J. (2001). Manajemen Sumberdaya Manusia, Program Pascasarjana, Unkris, Jakarta.

Sugiyono. (2002). Methode Penelitian Administrasi. Cetakan ke 8. Bandung: Alfabeta

Talizhidu Ndraha. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v4i2.3379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Maps

Publisher :

Universitas Indraprasta PGRI

Pusat Kajian Ilmu Ekonomi (PUSKANOMI)
Adress : Kampus B | Jl. Raya Tengah No.80, RT.6/RW.1, Gedong, Kec. Ps. Rebo, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13760
Work Hours : 09.00 AM – 09.00 PM



RDJE Stats

Visitors RDJE (Research and Development Journal of Education) Since March 15'Th 2020
Flag Counter


Lisensi Creative Commons
RDJE (Research and Development Journal of Education) - is licensed under a Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0).